Software (Perangkat Lunak) Komputer

Friday, March 11th 2016. | Software
Sponsored Links

Dalam dunia teknologi Software sangat di butuhkan. Tanpa Software computer tidak bisa di operasikan. Untuk mengetahui Definisi dari Software, silahkan simak penjelasan tentang Software di bawah ini :

Pengertian Software

Nama lain dari Software adalah Perangkat Lunak. Karena dibilang perangkat lunak Software sangat berbeda dengan Hardwere atau Perangkat Keras, jika Hardware adalah perangkat keras

Perangkat Lunak ini bersifat lunak yang tidak dapat di sentuh dan tidak dapat di lihat oleh manusia, Software memang tidak tampak secara fisik dan berwujud seperti benda, tetapi bisa di operasikan oleh computer.

Pengertian Software Komputer adalah Sekumpulan data yang di simpan atau di atur oleh computer, data yang bersifat elektronik yang di simpan komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah pemograman. Melalui Software atau Perangkat Lunak ini komputer akan menjalankan perintah dengan baik.

Software

Software

Jenis-Jenis Software

Software atau Perangkat Lunak Komputer berdasarkan distribusinya dapat di bedakan menjadi beberapa macam, yaitu Software berbayar, software geratis atau free (Free Software)

Software Berbayar

Software berbayar merupakan Perangkat Lunak yang di distribusikan untuk komersil, setiap pengguna yang menginginkan program tersebut harus membelinya atau membayar pada pihak yang mendistribusikan program tersebut. Pengguna yang menggunakan Software berbayar pada umunya tidak di wajibkan untuk memperluaskan Software nya tersebut secara bebas, harus meminta ijin kepada pihak penerbitnya. Contoh Software berbayar ini seperti system Windows, Microsoft office, adobe photoshop, dan lain sebagainya.

Freeware

Freeware atau Perangkat Lunak gratis adalah perangkat lunak computer berhak cipta yang geratis di pergunaakan oleh siapa saja tanpa waktu yang ditentukan, berbeda dari shareware yang penggunanya harus wajib membayar, misalnya setelah jangka waktu yang sudah habis bisa memperoleh fungsi tambahan. Para pengembang perangkat gratis sering kali membuat perangkat freeware gratis untuk di mainkan oleh para komunitas yang menginginkanya, namun para pengembang juga ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol pengembangan untuk selanjutnya. Freeware juga di distribusikan gratis tanpa biaya tambahan, contoh system Freeware adalah seperti Mozilla News, Suite browser dan mail client.

Free Softeare

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataan namanya juga bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) di sanalah letak kebebasaan.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konfilk muncul dari dalam arti kata Free dalam arti bahasa inggris keduanya yaitu bebas dan gratis. Oleh karena itu yang disebutkan sebelumnya, Free Software yang tidak perlu bebas dan sama seperti Freeware yang tidak harus gratis.

Shereware

Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi dengan waktu tertentu. Shereware adalah program yang terbatas di distribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan misalkan 30 hari. Dengan demikian memberikan kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli dari versi yang lainya dan membeli versi yang lengkap dari program. Contoh yang jelas dari tipe ini seperti perangkat lunak Antivirus. Perusahaan perusahaan biasanya memudahkan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk beberapa waktu saja, setelah melewati maksimum, program akan berhenti, dan jika anda mengnginkanya, anda harus menunggu produk akan di keluarkan lagi.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak yang lainya dan bebas sepenuhnya, namun dalam program lainya seperti periklanan, distribusi jenis ini di sebut Adware. Contoh yang jelas adalah seperti program Massenger dari Microsoft yang memnungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaraan untuk masuk dengan cara iklan.

Incoming search terms:

  • perangkat lunak sistem komputer yang dapat dengan bebas kamu miliki tanpa harus membeli adalah
tags: , , , , , ,

Related For Software (Perangkat Lunak) Komputer