2 Cara Mudah Mengamankan File di Windows dari User Lain

Friday, February 17th 2017. | Tutorial
Sponsored Links

Beberapa kali saya pernah kesal terhadap user lain yang menggunakan komputer saya, mereka mengambil data – data pribadi saya dengan cara copy paste ke usb flashdisk mereka tanpa seizing saya. Saya merasa tidak ikhlas akan kejadian tersebut. Beberapa file yang susah payah saya dapatkan di copy begitu saja tanpa ada sepatah kata izin atau sepeser uang ganti rugi atas data tersebut.

Memikirkan hal yang demikian itu, membuat saya sadar saya harus memberikan keamanan terhadap data saya dari tangan – tangan jahil yang ingin mengambil untung dari data saya. Beberapa kali saya browsing kesana kemari untuk mencari keamanan terhadap data pribadi saya saya menemukan beberapa aplikasi atau software yang dapat melakukanya.

Namun untuk memasangnya saya ragu karena aplikasi tersebut memiliki ikon berlogo tengkorak. Saya khawatir bukan malah aman data saya tetapi malah itu adalah malware yang siap memprovokasi masalah yang baru.

Kemudian ada lagi aplikasi yang dibilang ampuh oleh para pakar keamanan namun sayang aplikasi tersebut harus di dapatkan dengan cara berbayar. Kalaupun ingin mencoba disediakan aplikasi trialnya yang hanya bisa digunakan untuk beberapa hari. Nah bagaimana kalu masa trialnya habis? Apakah tidak beresiko terhadap data yang sudah di kunci? Itulah pikir saya saat itu.

Beberapa waktu yang lalu akhirnya saya menemukan cara yang mudah untuk melindungi data saya dengan cara enkripsi. Cara ini sangat mudah sekali karena bisa dilakukan oleh newbie sekalipun. Ada dua cara yang bisa dicoba. Yang pertama menggunakan aplikasi bawaan windows yakni bitlocker dan yang kedua dengan software gratisan yakni 7zip.

  1. Enkripsi data dengan bitlocker

Bitlocker memungkinkan untuk mengenkripsi seluruh media penyimpanan baik enkripsi volume maupun virtual drive. Aplikasi ini support AES 128 dan 256 bit enkripsi. Selain itu aplikasi ini juga mendukung metode multiple authentication yang aman untuk mengunci data dan juga memudahkan kita untuk membuka drive yang dikunci apabila password hilang atau lupa.aplikasi-enkripsi_03

Aplikasi ini hadir di beberapa windows series seperti windows 7 dan juga windows 8. Untuk menggunakanya juga sangat mudah. Tinggal klik kanan pada drive yang ingin di enkripsi kemudian pilih bitlocker. Bitlocker kemudian akan melakukan tugasnya utnuk mengamankan data dan memberikan kemudahan untuk menyimpan password di media lain untuk jaga – jaga apabila lupa password.

  1. Enkripsi dengan 7zipaplikasi-enkripsi_05

7zip lebih dikenal dengan kemampuanya sebagai file archive namun ternyata 7 zip juga memiliki kemampuan yang lain yaitu enkripsi. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan diberbagai platform. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan data yang dienkripsi juga lebih aman.

Incoming search terms:

  • mengamankan file user dri user lain di windows 10
tags: , ,

Related For 2 Cara Mudah Mengamankan File di Windows dari User Lain