2 Cara Mudah Screen Capture Tanpa Software Tambahan pada Windows 7

Tuesday, July 4th 2017. | Aplikasi
Sponsored Links

Meski windows sudah merilis keluarga windows yang terbaru yakni windows 8.1 namun hal ini bukan berarti windows seri terbarunya sudah habis. Contoh windows 7 yang masih eksis hingga kini ditunjukan dengan masih banyak pengguna aktif yang mencapai jutaan di seluruh dunia.

Pada saat kemunculanya, Windows 7 dihadirkan dengan berbagai fitur menarik. Salah satu fitur menarik windows 7 adalah screen capture yang lebih mudah tanpa bantuan pihak ketiga ( software ). Di dalam windows 7 sudah terdapat sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan screen capture. Selain dengan aplikasi ini, terdapat juga satu cara yang umum digunakan oleh banyak orang.

Ingin tahu leibh lengkap tentang bagaimana cara mudah screen capture tanpa menggunakan software di windows 7 ? berikut ulasan selengkapnya :

  1. Menggunakan tombol print screen pada keyboard

Cara pertama ini sudah umum dan mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menekan tombol Print Screen yang terletak di kanan atas keyboard. Untuk dapat mengambil gambar dari screen, kamu tinggal menekan tombol kombinasi Alt + Print Scr bersamaan atau jika kamu menggunakan keyboard khusus yang terdapat perintah ganda misal tombol Home dan Print Scr dalam satu tombol, maka kamu perlu menekan tombol FN sekaligus.

Setelah kombinasi tombil Alt + Print Scr atau FN + Alt + Print Scr ditekan, maka selanjutnya kamu buka aplikasi image editing contoh aplikasi Paint. Pada aplikasi Paint pilih opsi paste atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL + V untuk menaruh capture ke aplikasi tersebut. Selanjutnya simpan file sesuai dengan format gambar yang diinginkan.

  1. Aplikasi Sniping toolsniping tool

Sniping tool merupakan aplikasi bawaan dari windows 7. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengambil gambar layarmu dengan beberapa pilihan sebagai berikut :

  • Mengambil sesuai dengan bentuk yang diinginkan (Free-from Snip).
  • Mengambil sesuai dengan bentuk persegi (Rectangular Snip).
  • Mengambil berdasarkan Window yang dipilih (Windows Snip).
  • Mengambil sesuai dengan ukuran layar penuh (Full-Screen Snip).

Untuk memulai menggunakan sniping tool ini, klik menu kemudian pilih accessories. lalu pilih metode yang ingin kamu gunakan untuk mengambil screenshot, drag atau geser sesuai dengan daerah yang kamu ingin ambil gambarnya.drag

Setelah screenshot diambil maka akan muncul jendela editor, kamu dapat langsung menyimpannya sesuai dengan format yang kamu inginkan atau kamu juga dapat melakukan sedikit basic editing atau mengirimkan gambar tersebut ke email.

Cukup mudah bukan untuk mengambil gambar layarmu ( screen shoot ). Cara ini sangat berguna untuk kamu yang ingin membuat tutorial dengan mengambil tampilan gambar yang ada di screenmu sendiri dan ingat tanpa tambahan software lainya. selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • cara screen recorder windows 7 tanpa aplikasi
tags: , ,

Related For 2 Cara Mudah Screen Capture Tanpa Software Tambahan pada Windows 7