3G Jaringan Internet Berkecepatan Tinggi Bakal Menyambangi Seluruh Negeri

Sunday, June 25th 2017. | Blog, Jaringan
Sponsored Links
internet cepat, mudah murah dan stabil

internet cepat, mudah murah dan stabil

Layanan akses internet saat ini semakin mudah dan murah. Hal ini berbeda sekali dengan kondisi satu decade terakhir. Dimana ketika kita membutuhkan internet kita harus mencari tempat yang menyediakan layanan internet seperti di warung internet atau dikenal juga dengan istilah warnet. Namun pada masa itu sedikit sekali tempat yang menyediakan layanan internet. Selain itu kondisi jaringan yang masih naik turun alias tidak stabil ini membuat para pelangganya kurang nyaman dalam berselancar di dunia maya.

Seiring dengan kemajuan zaman, internet juga menjadi perhatian utama bagi pengembang teknologi. Internet sebelumnya hanya bisa dinikmati melalui kabel yang terhubung dengan provider. Di Indonesia layanan internet seperti ini dipromotori oleh Telkom. Langkah yang dibuat oleh Telkom ini juga menjadi acuan bagi operator seluler yang lain dalam menyediakan layanan internet bagi pelangganya.

GPRS adalah jaringan yang popular saat itu. Hampir semua perangkat seluler sudah dilengkapi kemampuan untuk menggunakan layanan internet ini. Namun bagi pelanggan seluler yang membutuhkan koneksi internet yang cepat, kecepatan GPRS ini masih sangat jauh dari kata puas berinternet. Kemudian EDGE adalah yang menggantikan jaringan GPRS ini. EDGE memiliki kecepatan yang lebih bagus dari pada GPRS.

GPRS merupakan singkatan dari General Packet Radio Service. Jaringan GPRS disebut juga jaringan 2.5 G. layanan GPRS dapat digunakan untuk transfer data, e-mail, gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW). Layanan untuk pesan kirim gambar atau MMS adalah layanan yang paling digemari saat itu. Apalagi bagi para pelanggan yang sedang berada jauh dari keluarganya, mereka bisa berkirim gambar untuk melepas rindu. Namun layanan ini tidak bisa mengirimkan video atau pun menampilkan wajah lawan bicaranya secara langsung untuk saling berkomunikasi.

Kekurangan dari layanan GPRS ini akhirnya di akhiri dengan hadirnya layanan internet yang lebih cepat. GPRS hanya memberikan kecepatan data sebesar 115Kbps. Kecepatan yang dianggap maish jauh dari cukup inilah yang mendorong untuk membuat kecepatan yang lebih tinggi. EDGE adalah jaringan pengganti GPRS yang memiliki kecepatan data sebesar 384 Kbps. Jadi dapat dikatakan kecepatan EDGE ini adalah tiga kali lipatnya kecepatan GPRS.

3G yang pada saat itu hadir pada sekitar tahun 2007 merupakan jaringan internet yang paling diperbincangkan saat itu. Pada tahun itu penulis masih duduk dibangku SMA namun masih belum bisa menikmati layanan 3G karena masih belum memiliki perangkat 3G. namun pada waktu itu banyak juga pelajar dari kalangan yang berada memiliki perangkat 3G. ponsel salah satu perangkat 3G saat itu memilik harga diatas 2 jutaan rupiah. Yang menjadi buah bibir saat itu adalah dengan ponsel 3G ini kita bisa menghubungi orang atau lawan bicara dengan video call. Dimana kita bisa bertatap muka secara langsung dengan lawan bicara dan bisa langsung berkomunikasi layaknya orang yang sedang telpon.

Kecepatan data yang bisa dicapai jaringan 3G ini adalah sebesar 2 Mbps. Kecepatan ini sudah jauh diatas GPRS bahkan EDGE. Kemudian 3G ini juga sudah dikembangkan lagi kecepatanya. Kini 3G dikenal dengan 3.5 G. Peningkatan kecepatan data ini menggunakan teknologi berbasis HSDPA atau High Speed Downlink Access. Kini hampir di semua wilayah di Indonesia bahkan tingkat kabupaten dan pedesaan sudah terjangkau oleh layanan 3G.

Layanan internet super cepat ini merupakan mega proyek dari provider dalam memberikan layanan akses kecepatan data ke pada para pelangganya. Meski belum semua desa tercakupi jaringan 3G ini seperti halnya di desa Gebangangkrik, Ngimbang-Lamongan ini namun tidak menutup kemungkinan nanti dalam waktu dekat di desa ini juga akan di ampiri oleh jaringan 3G.

Kapan spanduk ini dipasang di Gebangangkrik?

Kapan spanduk ini dipasang di Gebangangkrik?

Menurut penuturan dari seorang sales dari salah satu provider seluler, telkomsel, mengatakan “dalam beberapa minggu lagi didesa ini akan dipasangkan 3G pada salah satu tower yang terletak di dekat SD Gebangangkrik.” Semoga rencana pemasangan jaringan 3G ini bisa segera terealisasikan agar warga desa juga bisa menikmati akses data berkecepatan tinggi dan bisa menjadi desa cyber yang tak kalah dengan perkotaan.

tags: , ,

Related For 3G Jaringan Internet Berkecepatan Tinggi Bakal Menyambangi Seluruh Negeri