4 Kelebihan Laptop Netbook Dibandingkan Tablet

Thursday, April 21st 2016. | Komputer
Sponsored Links

net

Beberapa tahun yang lalu netbook merupakan pilihan nomor satu bagi konsumen yang menginginkan laptop yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Dengan layar dibawah 12 inci dan tanpa adanya optical drive, netbook memang sangat mungil dan berbobot ringan. Namun semuanya berubah saat negara api menyerang, eh maksudnya saat Apple meluncurkan iPad sebagai tablet pertama di dunia. Semenjak saat itu berbagai macam produsen elektronik mulai membuat tablet mereka sendiri seperti Samsung dengan Galaxy Tab-nya, Amazon dengan Kindle Fire-nya, dan masih banyak lagi.

Karena Tablet lebih ringan dan lebih praktis dibandingkan Netbook, maka secara otomatis penjualan Netbook turun secara drastis. Bahkan dikutip dari PCWorld.com, produsen Lenovo sudah menghentikan pembuatan netbook karena ingin lebih berfokus kepada teblet dan Smartphone.

Walaupun popularitasnya sudah mulai menurun, namun sebenarnya netbook masih memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa disaingi oleh tablet. Apa sajakah itu?

  1. Murah dan Awet

Selain portabilitasnya, harga merupakan elemen utama ketika seseorang membeli netbook. Dengan harga Dibawah Rp 4 juta, anda sudah mendapatkan sebuah netbook dengan kualitas yang mumpuni dan dapat dipakai hingga lebih dari 3 tahun pemakaian.

Sedangkan untuk tablet saat ini kebanyakan dijual dengan harga lebih dari Rp 4 jutaan. Walaupun banyak yang dijual lebih murah, namun kebanyakan tablet tersebut memiliki kualitas yang cukup buruk. Selain itu, masa penggunaan tablet juga biasanya tidak lebih dari 3 tahun.

Kelebihan lainnya yang dimiliki netbook adalah aplikasinya yang beragam karena bisa menjalankan semua aplikasi Windows. Sedangkan tablet Android atau iPad hanya terbatas pada aplikasi tertentu saja. Kualitas DNA harga netbook yang dibuat oleh berbagai produsen juga biasanya tidak jauh berbeda.

  1. Manfaat Tablet Terbatas

Tablet memang pernagkat yang asyik digunakan untuk bermain game, menonton film, ataupun berinteraksi di sosial media. Namun jika berbicara masalah produktivitas, maka jelsa tablet tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan netbook. Seperti dikutip dari MakeUseOf tablet hanyalah cocok dijadikan sebagai perangkat hiburan saja, bukan untuk produktivitas.

Netbook dapat digunakan untuk berbagai macam hal, sperti mengetik, mengedit video, membuat desain, dan banyak hal lagi. Tablet juga sebenarnya bisa digunakan untuk hal tersebut, namun tentu tidak akan secepat, semudah, dan seproduktif dengan menggunakan netbook.

  1. Tidak Butuh Pelindung Layar

Ketika membeli tablet kita pasti akan memperhatikan secara seksama jenis layar apa yang digunakan dan meterai pelindung apa yang melapisnya. Tidak hanya itu saja, kita biasanya juga akan membeli lapisan anti gores tambahan untuk melindunginya dari berbagai macam goresan.

  1. Talet Tidak Cocok Untuk Membaca

Semenjak awal kemunculannya para produsen tablet selalu menggebar-gemborkan jika tablet adalah perangkat yang pas untuk membaca. Namun faktanya membaca buku di tablet tidaklah menyenangkan dalam jangka waktu yang lama karena membuat mata Anda cepat lelah.

Selain itu kita juga harus selalu membawa charger agar tablet kita tidak kehabisan daya ketika kikta sedang asyik membaca. Dengan begitu, buku tetaplah menjadi media yang paling sempurna untuk membaca berbagai macam hal.

Demikian berbagai macam kelebihan Netbook dibandingkan dengan Tablet. Namun semua keputusan tetap di tangan Anda apakah anda ingin membeli Netbook atau Tablet.

tags: , ,

Related For 4 Kelebihan Laptop Netbook Dibandingkan Tablet