6 cara mencegah dan menghindari cybercrime

Saturday, March 12th 2016. | Blog
Sponsored Links

Aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer atau yang biasa disebut dengan cybercrime. Banyak pola dan cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku cybercrime dan banyak pula cara mencegah cybercrime pada kita. Berikut cara mencegah dan menghindari cybercrime.

maling

1. Gunakan Security Software yang Up To Date

Penting unutk menjaga Security Software Anda tetap terbarukan atau Up To Date. Perlakuan ini akan memberikan pendefinisian kembali atas ancaman cybercrimen maupun virus yang belum didefinisikan pada versi sebelumnya. Pembaruan ini sangat berguna bagi pengguna yang cukup sering menggunakan koneksi internet. Disarankan bagi pemilik gadget menggunakan Security Software untuk membuka akses ke internet. Hal ini harus dilakukan minimal Dua atau tiga kali dalam seminggu. Saat pengguna online, secara otomatis Security Software akan meng-up to date versi terbarunya.

2. Melindungi Komputer Sudah pasti hal ini mutlak anda lakukan . Demi menjaga keamanan, paling tidak anda harus mengaplikasikan tiga program, yaitu antivirus, antispyware,dan firewall. Fungsinya sudah jelas dari ketiga aplikasi tersebut.

3. Buat Password Yang Sangat Sulit

Bagaimana dengan password akun-akun anda seperti email, akun jejaring sosila atau akun tabungan online anda? Sudahkan menggunakan password yang susah ditebak? Jika belum cepat ganti pasword akun-akun anda untuk mencegah terjadinya cybercrime terhadap anda. Bila bisa masukan campuran huruf kecil, besar dan angka pada setiap akun anda agar memperkuat kata sandi anda. Contoh : C0nt0hNy4 .

Kata sandi ini cukup kuat untuk sandi akun anda, karena dicampur dengan huruf kecil,besar dan angka.

4. Membuat Salinan

Sebaiknya para pengguna komputer memiliki salinan dari komputer pribadinya, entah itu berupa foto, musik, atau yang lainnya. Ini bertujuan agar data anda masih tetap bisa terselamatkan bila sewaktu-waktu terjadi pencurian data atau ada kesalahan pada sistim komputer anda.

5. Jangan Sembarang Mengeklik Link yang Muncul di Social Network

Entah melalui Facebook, Twitter, atau Blog, sering kita temui link yang menarik perhatian. Walaupun tidak mengetahui jelas soal apa link tersebut, sajian enarik berupa iklan atau sekesar kuesioner dan angket membuat kita membukanya. Tidak sedit hal ini dujadikan peluang cybercrime atau penyebaran virus komputer. Tidak jarang pula link seperti ini dikirimkan oleh teman atau saudara kita sendiri. Maka dari itu, lebih baik hanya membuka iklan yan kita butuhkan saja. Jangan tergiur dengan sesuatu yang malah akan membuat kita terjebak dalam cybercrime atau virus komputer.

6. Ganti Password Secara Berkala

Melihat banyak dan mudahnya cybercrime dilakukan sampai 15 perdetik, tidak menutup kemungkinan password terpanjang pun dapat terbajak apabila digunakan bertahun-tahun. Maka, disarankan untuk mengerti password tersebut.

tags: , ,

Related For 6 cara mencegah dan menghindari cybercrime