9 Tips Mempercepat Koneksi WiFi Anda

Sunday, April 10th 2016. | Hardware, Internet, Tutorial
Sponsored Links

Di era internet of things ( iot ), dimana internet adalah segala – galanya. Dikatakan segala – galanya adalah karena fungsi internet yang kian melebarkan sayapnya yang bisa digunakan di semua bidang. Tidak hanya untuk keperluan komunikasi dan informasi namun internet juga telah merambah bidang lain seperti pada perdagangan.

Istilah internet of things ini sebenarnya telah diramalkan oleh Steve Jobs, founder Apple. Pada saat itu Steve meramalkan bahwa dengan kemampuan internet anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja ke toko. Namun anda bisa berbelanja lewat perangkat komputer anda.

Tentu hal utama yang harus diperhatikan saat menggunakan internet adalah ketersediaan jaringan. Layanan internet bisa diakses dari media apapun. Baik dari PC, Notebook maupun Tablet. Bahkan kini perangkat mobile seperti smartphone juga bisa mengakses berbagai fitur aplikasi yang disajikan dari internet.

Sambungan internet ini bisa kita dapatkan dengan menghubungkan perangkat kita dengan kabel Lan. Apabila tidak memiliki sambungan Lan ini maka bisa dilakukan dengan menghubungkanya dengan modem. Atau jika anda pengguna Notebook, tablet maupun smartphone anda bisa langsung menggunakan perangkat anda karena sudah terdapat piranti keras didalamnya yang bisa langsung terhubung dengan internet.

WiFi Router

WiFi Router

Salah satu fitur yang mendukung internet terdapat di hampir banyak perangkat seperti Notebook, tablet dan smartphone adalah WiFi. Fitur untuk menangkap sinyal internet yang nirkabel ini sangatlah cocok bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan sambungan kabel yang musti tertancap pada handset anda.

WiFi bisa diakses dimanapun tempat yang teradapat router diwilayah tersebut. Bahkan kini WiFi juga bisa hadir di rumahan. Nah, bagi anda pengguna WiFi yang sering mengalami kendala akibat router yang tidak maksimal, berikut diberikan 9 tips yang bisa anda lakukan untuk membuat koneksi WiFi anda lancar:

Jangan letakkan router di lantai

Alasan kenapa dianjurkan untuk tidak meletakan router di lantai adalah karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Oleh sebab itu sebaiknya anda meletakan router anda di tempat yang tinggi seperti di atas meja dan lain – lain.

Letakkan router di tempat khusus

Sinyal yang terpancar dari router memiliki batas jangkuan yang bisa dicapai. Maka sebab itu sebaiknya anda meletakan router anda di tempat yang dekat dengan anda atau ditempat yang paling sering digunakan oleh keluarga anda seperti di ruang tamu atau ruang tengah yang dekat dengan kamar atau ruang pribadi anda.

Letakkan router di tempat terbuka

Sinyal internet yang lancar terkadang juga bisa terhambat oleh benda – benda lain seperti tebalnya tembok atau benda – benda lain yang berada di dekat router tersebut. Untuk mendapatkan aliran sinyal yang lancar letakkan router anda di tempat yang terbuka dalam rumah anda jangan sampai router anda terhimpit oleh benda – benda yang dapat mengganggu sinyalnya.

Jauhkan router anda dari benda elektronik lain

Sinyal yang dipancarkan oleh router juga dapat terganggu oleh perangkat elektronik yang lain seperti telepon seluler maupun TV. Tidak hanya dua perangkat tersebut, perangkat yang lain yang dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan sinyal WiFi anda.

Posisikan antenna WiFi dengan Benar

Mengatur antenna dari router juga sangat penting agar sinyal internet dapat di dipancarkan secara optimal. Aturlah agar antenna router anda berdiri tegak. Posisi antenna yang tegak vertical ini dapat membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi dapat diterima oleh perangkat yang ada di rumah anda.

Periksa kekuatan sinyal

Untuk dapat mengakses internet tentu anda juga harus mendapatkan sinyal yang kuat agar internet anda cepat dan lancar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan internet anda adalah sinyal yang dapat perangakat anda tangkap. Periksa kekuatan sinyal dari perangkat WiFi anda dan pilihlah dimana lokasi dimana anda bisa mendapatkan sinyal yang bagus di dalam ruangan rumah anda.

Atur dan Up date Software Router anda

Anda bisa mempercepat koneksi WiFi dengan melakukan pengaturan terhadap perangkat lunak router anda. Pada menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router anda. Biasanya terdapat 14 channel yang bisa dipilih. Pilih channel 1, 6 atau 11 karena channel tersebut minim gangguan.

Selain melakukan pengaturan anda juga harus melakukan pengecekan terhadap pembaruan firmaware perangkat router anda. pembaruan biasanya juga membawa fitur baru yang bisa dipasangkan pada perangkat router anda dengan tujuan untuk mendapatkan layanan yang lebih baik lagi disaat anda menggunakan perangkat router anda.

Beli perangkat router yang baru

Jika cara – cara di atas sudah anda lakukan namun hasil yang anda dapatkan kurang maksimal mungkin anda perlu untuk membeli perangkat router yang baru agar koneksi internet anda bisa mulus dan lancar.

Tips tambahan:

Selain faktor router, kecepatan akses internet juga sangat dipengaruhi oleh sambungan internet yang diberikan oleh penyedia layanan internet. Kerap kali gangguan malah muncul dari penyedia layanan. Tips yang paling baik adalah pilihlah penyedia layanan yang sudah terpercaya memberikan internet yang stabil dan jarang mengalami trouble.

tags: , ,

Related For 9 Tips Mempercepat Koneksi WiFi Anda