Adu Keunggulan Teknologi CRT dan LCD

Monday, July 31st 2017. | Hardware, Komputer
Sponsored Links
monitor kotak

monitor kotak

Masih punyakah anda dengan monitor kotak ala spongebob square pants diatas. Bentuknya yang kotak dan banyak lubang pori disisinya nampak seperti serial kartun animasi songebob squarepants. Dengan ukuran yang besar dan bobot yang berat tentu membuat monitor ini agak susah kalau kita mau pindah kamar atau pindah tempat. Apalagi monitor seperti ini juga memakan banyak tempat. Kalau mejanya ukuran kecil akan sulilt untuk meletakanya. Sudah meja yang mungkin tidak muat juga akan membuat kamar terasa lebih sempit karena penuh sesak oleh monitor tersebut. Selain ukuran, monitor ini juga memakan daya listrik yang cukup besar karena monitor ini masih menggunakan tabung peninggalan teknologi zaman dahulu.

Kondisi seperti ini membuat para insinyur berfikir statis untuk membuat monitor yang lebih ramah, mudah dan praktis. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mereka ciptakan akhirnya berhasilah mereka membuat monitor LCD. LCD monitor atau Liquid Crystal Display monitor adalah monitor yang mengunakan media Kristal cair sebagai display utama. Monitor LCD ini sudah tidak lagi menggunakan tabung seperti pada monitor kuno tetapi monitor LCD ini menggunakan sumber cahaya yang berasal dari backlight atau backlamp . backlight ini seperti lampu TL atau lampu neon yang ada dirumah-rumah tetapi ukuranya lebih kecil dan berbentuk seperti pipa panjang. Biasanya dalam satu unit monitor terdapat beberapa buah backlight dan panjangnya sepanjang ukuran layar LCD monitor tersebut.

LCD monitor

LCD monitor

LCD monitor memiliki beberapa keunggulan dari pada monitor kotak atau monitor CRT. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah pada ukuran dan beratnya. Pada monitor CRT yang Nampak seperti pada gambar di atas terlihat memiliki bentuk yang besar dan juga sangat berat sedang pada monitor LCD nampak dengan jelas ukuran yang jauh lebih ramping dan yang pasti beratnya pun juga akan jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan monitor CRT. Bentuknya yang ramping dan ringan ini membuat kita lebih mudah meletakanya diatas meja karena monitor ini tidak memakan tempat yang luas. Selain itu monitor LCD juga lebih ramah di mata karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor jenis ini lebih kecil dan nyaman untuk dilihat dari jarak yang dekat.

Konsumsi daya listrik monitor LCD juga jauh lebih ringan bahkan konsumsi dayanya hanya setengah dari monitor CRT. Ini karena backlight yang terdapat pada monitor LCD lebih hemat energy sama seperti lampu neon yang terpasang dirumah. Walaupun konsumsi sumber daya listriknya lebih ringan bukan berarti kualitas gambarnya juga menurun, justru monitor LCD memiliki kualitas gambar yang lebih baik disbanding monitor CRT. Gambar yang dihasilkan oleh monitor LCD lebih tajam dan lebih jernih. Kualitas gambar yang bagus ini cocok bagi para pengguna komputer yang sering berkutak pada bidang desain grafis dan multi media.

Dari beberapa keunggulan yang dihadirkan oleh monitor LCD, monitor jenis ini juga tak luput dari kelemahan yang dimilikinya. Berberapa kelemahan monitor LCD adalah seperti sudut pandang yang terbatas. Monitor LCD tidak bisa dilihat dari arah samping, jika dilihat dari arah samping gambar atau displaynya akan sedikit buram atau tidak jelas oleh karena itu monitor ini hanya bisa dinikmati dari arah depan. Masalah lain dari monitor ini adalah ada pada layarnya. Layar LCD lebih rentan terhadap benturan maka disaat membawanya harus lebih berhati-hati. Jika terjadi benturan pada layar biasanya di layar akan terjadi noda hitam atau biasanya mundul garis hitam panjang yang melilntang pada layar. Apabila monitor ini mengalami kerusakan, service adalah yang menjadi kendala yang tidak bisa dikesampingkan bahkan hingga saat ini susah mencari orang yang ahli memperbaiki kerusakan monitor LCD. Alhasil apabila sudah rusak maka terpaksa harus beli lagi dengan yang baru. Harga monitor LCD dipasaran saat ini masih sangat tinggi. Harga terbaru yang ada dipasaran untuk LCD monitor yang terbaru masih diatas 600 ribu rupiah.

tags: , , ,

Related For Adu Keunggulan Teknologi CRT dan LCD