Agile Metode

Friday, May 6th 2016. | Blog
Sponsored Links

– Hay friend, bagaimana kabar anda semua ? Pastinya masih baik-baik semuakan. Okeh dipertemuan kita hari ini saya akan membahas tentang “Agile Metode”. Bagi anda yang mungkin belum mengetahui tentang apa Agile itu, apakah Agle itu teknologi atau makanan yang sejenis Gorengan tempe dan tahu, Ups hehe… Maaf bercanda, ya begini saya kalau lagi laper pikiranya kemana-mana tempe tahu pun saya tulis diartikel ini. Baik tidak usah berpanjang lebar lagi disini saya akan membahasnya langsung tentang “Metode Agile”khususnya untuk anda semua.

Agile Metode

Agile Metode

Apa sih Agile itu ? bagi anda yang memiliki angan-angan pertanyaan seperti itu disini saya akan menjawabnya langsung tentang Agle untuk anda. Agle adalah sebuah metode pengembangan atau pembuatan sistem dengan cara cepat, artinyakebutuhan sistem sudah terpenuhi dengan melibatkan client dalam pembuatan sofware-nya, sehingga kemungkinan sistem gagal itu sangat sedikit.

Kata Agile berarti bersifat cepat, ringan, bebas bergerak, waspada. Agle yaitu proses pengembangan software yang berkembang pada tahun 1990. Metodologi yang dikenal sebagai Agle methods ini mengutamakan fleksibilitas terhadap perybahan-perubahan yang terjadi selama pengembangan. Model-model dari agile diantaranya Rational Unified Process pada tahun 1994 dan dilanjutkan oleh Scrum pada tahun 1995, Crystal Clear, Extreme Programming pada tahun 1996, dan lagi ada Adaptive Software Development, Feature Driven Development, and Dynamix Systems Development Method (DSDM) PADA TAHUN 1995. Dan apada akhirnya terbentuklah pada tahun 2001 proses pengembangan Agile.

Berikut ini adalah metode dari Agile, yaitu antara lain :

  1. Analisis Proyek : Menganalisis proyek sistem yang ingin dikembangkan.
  2. Pengembangan Proyek : Proses pengembangan sistem dilakukan.
  3. Tasting Proyek : Mencoba sistem yang sudah selesai sebelum diberikan kepada client

Dalam memberikan client apabila sistem lulus test dan tidak ada perubahan-perubahan , maka sistem tersebut sudah bisa digunakan oleh client. Sementara apabila masih terjadi perubahan-perubahan maka kembali lagi ke proses awal.

Berikut ini juga perbedaan Agile dan Model klasik, yaitu :

  1. Metode agile memiliki konsep yang rumit dibandingkan dengan metode klasik.
  2. Metode klasik relatif lebih lama dalam pengerjaan proyeknya dibandingkan dengan model agile
  3. Resiko kegagalan lebih rendah dibandingkan dengan metode klasik

Dalam perbedaan model Agile dan Model klasik kita ketahui  bahwa kita simpulkan Agile memiliki konsep yang rumit tetapi klasik relatif lebih lama pengerjaanya dan Agle resiko kegagalanya lebih rendah dari pada metode klasik tersebut.

 


 

Nah itu tadi pembahasan saya tentang “Agile Metode” yang saya rangkum khususnya untuk anda semua. Semoga artikel yang saya buat ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua dan apabila ada kesalahan kalimat atau kekurangan perkataan dalam artikel, kami dalam Blog Lamongan Komputer mohon maaf kepada anda semua.

^_^TERIMAKASIH^_^

 

tags: , ,

Related For Agile Metode