Alternatif menambah sinyal dengan usb extender

Friday, November 14th 2014. | Aksesoris, Blog, Tutorial
Sponsored Links

Di zaman yang sudah modern nan canggih sekarang ini, internet sudah seperti menjadi makanan pokok bagi mereka yang memiliki gadget dan kebutuhan untuk networking. Dengan dukungan provider yang sudah merambah ke setiap pelosok desa semakin memudahkan para customernya untuk bersurfing ria di dunia maya. Persaingan para provider seluler, baik GSM maupun CDMA dalam memuaskan pelanggan dengan memberikan layanan dan promo paket. Promo paket internet murah dan paket kuota yang besar semakin menarik perhatian customer untuk membeli paket internet tersebut. Hampir setiap menit iklan dan promo internet dari beberapa provider selalu muncul di berbagai stasiun TV swasta.

Internet saat ini bisa dengan mudahnya dinikmati oleh siapapun. Mulai dari para pebisnis sampai kalangan pelajar bisa dengan mudah mengaksesnya. Paket murah meriah pun mudah untuk didapat. Hanya tinggal membeli kartu perdanan baru kita sudah bisa mendapatkan kuota sebesar 100 MB. Harga kartu perdana yang murah berkisar antara Rp. 2000 sampai Rp. 10.000 cukup murah untuk kantong para pelajar. Apabila kuota sudah habis maka mereka tinggal membeli lagi kartu perdana yang baru.

Perkembangan layanan internet juga semakin memanjakan para penggunanya. Layanan yang paling diminati adalah yang menyediakan internet dengan kecepatan yang super tinggi. Oleh karena itu sekarang ini hampir di tiap kota sudah bisa mendapatkan layanan internet 3G. layanan internet ini memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan para pendahulunya seperti edge dan gprs. 3G adalah layanan internet yang disediakan oleh operator GSM sedang untuk operator CDMA mereka menyediakan EVDO. Kedua layanan internet ini berbasis internet yang memiliki kecepatan tinggi.

Namun sayangnya internet dengan kecepatan tinggi ini belum sepenuhnya dirasakan oleh mereka yang tinggal di pedasaan. Walaupun sekarang ini beberapa provider seluler sudah mencanangkan internet super cepat di tiap pelosok namun masih banyak juga yang masih belum bisa menikmatinya. Alhasil mereka yang belum bisa menikmati internet super cepat ini hanya bisa menikmati kecepatan data yang berbasis edge atau evdo rev A saja.

Menanggapi masalah itu, guna untuk bisa meninkmati internet berkecepatan tinggi berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan usb extender atau kabel usb perpanjangan. Cara ini termasuk mudah dan murah. Mudahnya adalah karena kita tinggal menyambungkan modem yang kita miliki ke pc atau laptop. Sedang murahnya adalah harga usb extender mulai dari harga Rp. 7000 sampai ada juga yang kisaran 100 ribuan. Harga usb tersebut tergantung pada kualitas dan panjang usb itu sendiri. Untuk usb 2.0 yang high speed harga yang ukuran 1 meter hanya 8 – 10 ribu. Adapun untuk yang lebih panjang lagi biasanya berlaku harga akumulasi namun ada juga yang tidak karena harganya memang sudah ditentukan berdasar ukuran panjangnya.

usb extender

usb extender

Dari berbagai sumber yang menyebutkan, panjang maksimal usb extender untuk modem adalah 10 meter. Tetapi hal itu tidak mutlak. Ada beberapa modem yang bisa ditambahkan usb extender sampai 10 meter tapi ada juga yang tidak sampai 10 meter sudah sering putus nyambung koneksinya. Hal ini bisa disebabkan oleh kualitas kabel usb dan juga kemampuan modem itu sendiri.

Penambahan kabel yang cukup panjang memang disarankan untuk mereka yang tinggal di pedesaan. Namun perlu diperhatikan juga adalah kemampuan modem. Apabila usb 10 meter sudah ditambahkan namun modem masih sering disconek maka supaya menggantinya dengan kabel yang ukurannya lebih pendek bisa 5 atau 3 meter. Tapi ada juga modem yang hanya bisa ditambah usb kabel maksimal 1 meter. Apabila lebih dari itu maka bukan hanya sinyal yang tidak akan didapat bahkan modemnya pun tidak akan muncul di pc atau laptop. Jadi sebelum membeli usb perpanjangan atau usb extender maka kemampuan modemnya harus kita ketahui dulu. Bila tidak bisa ditambahkan usb yang panjang maka perlu dipertimbangkan untuk membeli kabel usb yang ukuran pendek berkisar 1 hingga 5 meter. Kalaupun sudah terlanjur membeli yang panjang namun tidak bisa konek ke modem maka masih ada cara agar kabel usb tersebut tidak terbuang sia-sia yaitu dengan cara memotongnya lebih pendek dan kemudian disambungkan lagi. Cara penambahan kabel usb ini cukup lumayanlah untuk mendapatkan sinyal di pedesaan. Apabila dengan cara ini masih belum bisa mendapatkan sinyal maka langkah yang paling ampuh bukan pindah ke kota tetapi bisa dilakukan dengan penambahan antenna external tetapi harganya juga akan lebih mahal.

Incoming search terms:

  • mengatasi kabel usb panjang
  • usb extension putus nyambung
  • jarak maksimal kabel usb ekstender tidak putus
  • cara mengatasi usb extended yg tidak konek
  • cara mengatasi masalah kabel ekstender yg putus nyambung
  • Cara mengatasi Kabel Extensi putus-putus
  • cara menambah kabel usb
  • cara atasi usb extender dc
  • cara atasi kabel estendee
  • cara agar tidak putus nyambung modem dikabel perpanjangan
tags: , ,

Related For Alternatif menambah sinyal dengan usb extender