Analogi DNS dan Buku Telpon

Tuesday, August 30th 2016. | Internet
Sponsored Links

Beberapa kali saya mendengar netter membicarakan tentang DNS. Saya sebagai newbie merasa penasaran dan ingin tahu juga semua hal seputar DNS. Setelah bertanya kepada netter lain dan juga mencari informasi di internet, akhirnya saya bisa mengerti apa itu DNS.dns01

DNS dianalogikan seperti buku telpon. Pada umumnya buku telpon memuat daftar nama dan juga nomor telpon. Contoh nama yayik dukhan di buku telpon memiliki nomor 085749824275. Jika nomor telpon dari yayik dukhan tersebut sudah disimpan pada daftar kontak yang ada di hp maka tidak perlu repot – repot lagi menghafal nomor telponya yayik dukhan tinggal cari saja namanya kemudian tekan panggilan dari hp dan seketika nomor dari yayik dukhan tersebut akan dipanggil.

Di internet alamat web yang dibaca oleh manusia itu berbeda dengan yang dibaca oleh komputer. Misal anda mengetikan alamat web facebook.com. komputer sebenarnya tidak mengenali alamat web tersebut. Lalu bagaimana komputer mengenalinya?

Komputer tidak dapat membaca alamat yang kita masukan dengan alphabet. Tetapi komputer hanya dapat membaca serial angka saja. Serial angka inilah yang disebut Internet Protocol Address ( IP Address ). Dari contoh di atas IP Address dari facebook.com sebenarnya adalah 173.252.120.6. jika anda mengetikan angka tersebut pada address bar di mesin peramban internet anda, maka anda akan diarahkan menuju facebook.com.

Nah, dari IP Address 173.252.120.6 menjadi facebook.com itulah yang dinamakan DNS. Domain Name Service atau Domain Name System memudahkan kita dalam berinternet. Kita tidak perlu menghafal IP Address yang susah diingat tetapi berkat DNS ini kita tinggal mengetikan saja alamat yang ingin kita tuju menggunakan alphabet.

Cara kerja DNS tersebut mirip kan dengan buku telpon. Maka tidak salah analogi DNS dan buku telpon. Coba anda bayangkan didaftar buku telpon anda terdapat ratusan bahkan ribuan kontak. Pasti anda akan kesulitan menghafal nomor – nomor tersebut. Tetapi jika tidak demikian jika anda mengingat namanya. Mengingat angka cenderung lebih susah dari pada mengingat huruf. Oleh karena itulah DNS dianalogikan seperti buku telpon.

Incoming search terms:

  • analogi Dns
tags: , ,

Related For Analogi DNS dan Buku Telpon