Apa itu Instant Messager?

Thursday, March 17th 2016. | Blog, Internet, Social Media
Sponsored Links
Yahoo! Messager

Yahoo! Messager

Pernahkah anda mendengar tentang istilah IM atau Instan Messenger ini? Jika belum berarti anda termasuk salah satu yang belum pernah mencoba Instan Messenger ini. Atau mungkin anda justru adalah pengguna Instan Messenger ini tapi anda tidak tahu yang anda gunakan itu adalah merupakan Instan Messenger.

Banyak sekali macam dari Instan Messeger ini, dan kebanyakan dari mereka merupakan freeware atau aplikasi gratisan yang bisa dengan mudah dinikmati. Kita hanya perlu mendownloadnya saja dari server yang menyediakan aplikasi tersebut. Namun tak jarang juga ada server yang mengharuskan kita untuk membayar guna menikmati layanan penuh dari aplikasi tersebut.

Ok, sebelum mengenal tentang macam-macam dari Instan Messager ini ada baiknya dimulai dari apa itu Instan Meesager? Instan messager adalah layanan pesan instan yang menyajikan komunikasi secara real time melalui internet. Konsep awal Instan Messaging ini adalah media atau layanan chat online untuk berkirim teks kepada lawan lainya melalui sambungan internet. AOL atau American Online menjadi yang pertama mengenalkan Instan Messager ini padatahun 1996.

Pada awalnya layanan Instant Messaging ini hanya bisa berkirim pesan lewat dua orang. Namun seiring dengan semakin populernya Instan Messager saat itu kemudian AOL mengembangkan Chat Room yakni layanan berkirim pesan secara instan melalui internet yang bisa dilakukan dalam grup. Jadi dengan layanan ini pengguna bisa menambahkan anggota yang ingin dimasukan dalam ruang obrolan. Layanan ini hingga kini masih popular bahkan digunakan oleh semua penyedia layanan Instant Messaging.

Setelah AOL berhasil mengembangkan Istant Messagernya, beberapa perusahaan lain seperti Yahoo, Google, Microsoft, dan beberapa perusahaan lainya. Yahoo sebagai salah satu penyedia layanan pesan instan ini menyediakan layanan Yahoo! Instant Messager atau biasa lebih dikenal dengan YM. Layanan pesan instan YM ini sangat popular di Indonesia sejak tahun 2000an.

Pada masa itu YM banyak dipakai anak muda dan para pebisnis untuk berkirim pesan lewat internet. Dengan hadirnya layanan Instant Messager ini semakin memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi dari jarak jauh. Layanan ini juga membuat pengguna bisa berkomunikasi secara langsung dengan lawan bicaranya sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa langsung diterima. Hal ini berbeda sekali dengan menggunakan layanan email yang terkadang orang akan lama untuk menunggu balasan pesan karena terkadang orang yang dituju juga jarang membuka emailnya.

tags: , ,

Related For Apa itu Instant Messager?