Apa itu Internet Protocol ??

Sunday, July 24th 2016. | Blog
Sponsored Links

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya Tranmission Control Protocol/Internet Protocol jika disingkat yaitu TCP/IP yang apabila diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, yaitu gabungan dari IP (Internet Protocol) serta protokol TCP (Tranmission Control Protocol) untuk mengatur komunikasi dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer yang lain dan dalam satu jaringan internet, dan data yang dikirim akan dipastikan sampai pada tempat yang dituju.

Dikarenakan memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite) itu sebabnya protokol ini tidak bisa berdiri sendiri. Kemudian protokol ini juga termasuk protokol yang saat ini sering digunakan oleh pengguna komputer, dengan kemampuan bekerja dan mengimplementasikan pada lintas perangkat lunak (software), TCP/IP stack inilah istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini.Protocol

Pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an protokol TCP/IP ini telah dikembangkan unutuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN) serta sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan. Adapun sifat dari TCP/IP ini bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang saat itu sedang digunakan dan juga dapat digunakan di tempat yang dikehendaki. Sedangkan skema protokol ini menggunakan pengalamatan yang sederhana dengan sebutan alamat IP (IP Address) yang mengizinkan semua pengguna komputer untuk saling berhubungan satu dengan yang lain di internet hingga beberapa millayar komputer.

Tetapi protokol ini juga bersifat Routable yang artinya protokol ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan sistem-sistem yang berbeda, dengan contoh keluarga UNIX dan Microsoft Windows untuk pembuatan jaringan yang Heterogen. Sedangkan pembuatan atau pengembangan ini dilakukan dan dibantu oleh beberapa badan, yaitu Internet Architecture Board (IAB), Internet Society (ISOC), serta Internet Engineering Task Force (ETF).protolo

Untuk macam-macam protokol yang didenifisikan dalam dokumen yang biasa disebut dengan sebutan Request for Comments atau disingkat RFC yang dikeluarkan IETF yang berjalan diatas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP.

Arsitektur

TCP/IP ini menggunakan model referensi DARPA tidaklah berbasis model referensi tujuh lapis OSI. Untuk contohnya sama dengan diagram, arsitektur berlapis TCP/IP diimplementasikan terdiri atas empat lapis. Arsitektur ini bisa dipetakan, walaupun tidak secara langsung kepada model referensi model OSI. Adapun untuk empat lapis ini biasanya disebut sebagai DoD model, DARPA Model, Internet Model.

Simaklah lapisan pada protokol dibawah ini, dan TCP/IP ini diasosiasikan dengan protokolnya masing-masing.

Protokol Lapisan Internetwork : protokol ini tanggung jawabnya melakukan pemetaan atau routing dan enkapsulasi paket-paket data jaringan yang menjadi paket-paket IP.

Protokol Lapisan Aplikasi : adapun protokol ini bertanggung jawab sebagai penyedia akses untuk aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP.

Protokol Lapisan Antar-Host : kegunaan dari protokol ini ialah untuk membuat komunikasi dengan menggunakan sesi koneksi yang sifatnya connection-oriented atau broadcast.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud dengan internet protocol
  • apakah internet protokal itu
tags: , ,

Related For Apa itu Internet Protocol ??