Apa Kata Menkominfo, Rudiantara, Tentang Izin 4G LTE

Friday, March 24th 2017. | Blog, Internet, Jaringan
Sponsored Links
menkominfo-rudiantara

menkominfo-rudiantara

Internet saat ini menjadi layanan yang paling dibutuhkan untuk kemudahan informasi dan komunikasi. Tidak hanya pada dua bidan itu saja bahkan untuk transaksi hingga edukasi sekarang ini lebih mudah dilakukan melalui internet. Namun masalah yang begitu pelik negeri ini adalah layanan dan jaringan internet yang masih belum memadai.

Jaringan internet yang belum stabil dan juga handset yang belum familiar bagi para penggunanya terkadang malah membuat mereka menjadi bingung dengan layanan yang diberikan. Sedikit mengulas kebelakang, pada eranya gprs dan edge layanan internet ini sudah begitu memusingkan pelangganya baik pada jaringanya maupun pada handset mereka. Untuk melakukan penyetingan handset juga harus dengan bantuan penyedia jaringan. Belum lagi pada masa itu banyak pengguna yang masih belum faham dengan handset yang mereka miliki.

Meskipun pada saat itu ponsel atau telepon genggam sudah banyak yang bermunculan dengan fitur internetnya namun pelanggan banyak yang belum faham dengan jenis hanset mereka apakah termasuk edge atau gprs. Setelah era gprs dan edge berganti dengan era 3G layanan internet diharapkan akan lebih baik lagi. Namun harapan itu tidak terwujud dengan begitu mudah. Selain faktor handset yang mendukung 3G masih sangat mahal harganya juga edukasi terhadap pelanggan mengenai jaringan internet dan layananya masih sangat kurang.

Hanya mereka yang datang dari para akademisi atau para ahli dibidang teknologi informasi dan komunikasi saja yang faham dengan jaringan 3G ini. Program pemerintah untuk memberikan layanan internet ke seluruh negeri nampaknya diamini oleh beberapa operator seluler raksasa seperti telkomsel dan indosat. Layanan 3G keseluruh negeri menjadi program bagi mereka dalam memberikan kenyamanan bagi pelangganya. Akses yang begitu mudah untuk mendapatkan jaringan juga telah diperbaiki dengan membangun jalur 3G diseluruh negeri. Mulai dari JABODETABEK hingga merambah ke beberapa pulau luar jawa.

Iklan dan promo yang mereka pasang juga memberikan edukasi terhadap para pelangganya tentang jaringan 3G. sebagai contoh iklan dari telkomsel 3G pada saat musim mudik lebaran beberapa tahun lalu. Mereka membuat video singkat tentang video call yang bisa dilakukan oleh dua atau lebih orang untuk berbicara dengan video melalui handset mereka. Iklan ini secara tidak langsung mengedukasi pelangganya tentang hal apa saja yang bisa dilakukan dengan 3G.

Kemudian layanan 3G pada tahun ini juga semakin baik dengan hadirnya internet cepat dijalur mudik dengan jaringan 3G. melalui program inilah akhirnya kini hampir diseluruh nusantara terjangkau oleh jaringan internet cepat 3G.

Akhir-akhir ini dunia internet juga kedatangan teknologi terbaru yakni jaringan 4G LTE. Namun untuk jaringan ini masih berbatas trial dan belum dikomersilkan. Jaringan ini sudah diuji coba dibeberapa wilayah seperti di Jabodetabek dan bali. Teknologi internet 4G LTE ini diharapkan nanti bisa lebih baik daripada jaringan pendahulunya.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, salah satu persyaratan agar operator seluler mendapatkan sertifikat layanan 4G komersil adalah operator seluler itu mau berkomitmen untuk memberikan layanan yang berkelanjutan. Operator seluler diharapkan tidak hanya memulai menggelar layanan 4G LTE saja, namun juga harus mempersiapkan ekosistem.
“Ekosistemnya yang harus sudah disiapkan, seperti handset apakah sudah ada apa belum, termasuk layanannya,” kata Rudiantara.

Jadi inti dari yang ingin disampaikan oleh menkominfo terkait perizinan 4G LTE adalah operator seluler juga harus mempersiapkan terlebih dahulu baik dari hadset yang mendukung maupun dari layananya nanti. Beberapa operator seluler seperti telkomsel, indosat dan xl yang sudah melakukan trial dibeberapa wilayah, dalam situs resminya juga telah mempromosikan baik dari layanan maupun handset yang nanti akan mendukung layanan 4G LTE ini.

Kita tunggu saja semoga kita sebagai pelanggan bisa mendapatkan kemudahan untuk layanan jaringan internet 4G LTE ini. Dan semoga layanan yang merupakan program dari pemerintah ini bisa dirasakan menyeluruh hingga ke seluruh nusantara.

tags: , ,

Related For Apa Kata Menkominfo, Rudiantara, Tentang Izin 4G LTE