Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Jaringan Topologi Mesh?

Friday, November 28th 2014. | Internet, Jaringan
Sponsored Links

Apa yang dimaksud dengan Teknologi Jaringan Topologi Mesh? Apakah kalian pernah dengar kalimat ini? Jarang sekali orang bertanya-tanya bahkan mengetahui tentang Topologi Mesh. Nah, ane kemari datang pada kalian semua hanya untuk berbagi Ilmu tentang computer, akan tetapi mungkin kalian hanya mengetahui tentang apa itu computer dan perangkat pendukungnya saja, tanpa ingin mengetahui isi computer juga apa saja yang melengkapi computer serta jaringan yang mendukung penghubung computer satu ke computer lain. Sebenarnya semua itu harus diketahui, agar kita bisa mengendalikan computer dengan baik dan benar.

Dan kali ini ane akan menjabarkan tentang “Apa yang dimaksud dengan Teknologi Jaringan Topologi Mesh?”. Yaitu Topologi Mesh. Jenis- jenis Topologi yang lain sudah saya jabarkan di artikel- artikel sebelumnya.
yasudah, langsung saja ke topic pembahasan.

Jaringan Topologi Mesh

Jaringan Topologi Mesh

Yang dimaksud Topologi Mesh adalah merupakan suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan jaringan computer yang satu dengan jaringan computer yag lain, sehingga semua perangkat node/titik dalam computer tersebut saling terhubung satu sama lain. Akan tetapi jenis Topologi Mesh kali ini berbeda dengan jenis Topologi yang lain, dengan menggunakan Topologi Mesh ini, perangkat yang dipakai untuk berkomunikasi dapat dengan langsung berhubungan dengan perangkat yang dituju atau dengan kata lain adalah menuju dedicated links/ link khusus.

Hanya saja Topologi Mesh jarang digunakan karena selain boros kabel yaitu Topologi Mesh ini membutuhkan banyak kabel guna untuk menghubungkan koneksi antar computer, juga Topologi Mesh juga sulit untuk ditangani. Sehingga Topologi jenis ini jarang digunakan, karena sebab-sebab tadi. Topologi Mesh juga memiliki dua tipe, yang sekarang ini sering dikenal, yaitu partial connected dan full connected. Tipe Partial connected merupakan suatu perangkat penghubung yang hanya menghubungkan beberapa computer saja, sedangkan Tipe full connected adalah suatu perangkat yang node penghubung suatu jaringan, itu menghubungkan jaringan antara satu dengan yang lain. Jadi, satu computer dapat dengan langsung terhubung dengan computer yang dituju.

Tidak hanya itu saja, Topologi Mesh juga pasti memiliki kelebihan.
Nah, kelebihannya yang dimiliki adalah :

a. Jika terjadi problem atau kesalahan pada koneksi jaringan, itu bisa dideteksi dan di isolasi kesalahannya dengan mudah, karena konfigurasi jaringan yang digunakan pada topologi ini memakai system point to point.
b. pengamanan dan privasi pada Topologi Mesh ini lebih terjamin keamanannya, karena selain pentransferan data melalui jalur khusus atau dedicated, juga komunikasi yang dilakukan oleh 2 komputer, itu tidak akan bisa di akses oleh computer lain. Sehingga security dan privacy dapat terjaga.
c. Topologi Mesh ini juga memiliki sifat Robust, yaitu sifat yang dimiliki ketika ada yang terjadi suatu problem antara 2 komputer yang memakai satu jalur, maka tidak akan mempengaruhi koneksi jalur yang lainnya, kerusakan hanya pada jalur koneksi dua computer itu saja.

Kekurangan yang dimiliki oleh Topologi Mesh yaitu :

a. Sangat boros kabel, karena harus memiliki banyak kabel untuk membuat jenis Topologi ini, selain itu juga harus mengeluarkan biaya yang tidak murah, sehingga semakin banyak computer dalam Topologi Mesh ini, maka semakin banyak pula kabel yang dibutuhkan serta banyak pula I/O port yang digunakan untuk masing-masing computer.
b. Proses pada konfigurasi dan instalasi terbilang menjadi lebih sulit dan rumit, karena tiap computer yang terhubung harus secara langsung terkoneksi dengan computer yang lainnya. Dan ruangan yang digunakan untuk Topologi Mesh juga membutuhkan ruangan yang lebih besar.

Sekian dulu yah pembahasan ”Apa yang dimaksud dengan Teknologi Jaringan Topologi Mesh?”, lain kali jumpa lagi pada materi yang lain. Semoga materi kali bisa bermanfaat bagi kalian semua, good luck 🙂

tags: , , , ,

Related For Apa Yang Dimaksud Dengan Teknologi Jaringan Topologi Mesh?