Apa Yang Dimaksud Social Media ?

Friday, February 5th 2016. | Social Media
Sponsored Links

media

Media Sosial (Social Media) terdiri dari dua kata : media dan sosial. Pengertian menurut bahasa, media sosial adalah alat atau sarana komunikasi masyarakat untuk bergaul.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, media adalah alat atau sarana komunikasi, perantara, atau penghubung. Sosial artinya “berkenaan dengan masyarakat” atau suka memperhaatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma, dsb).

Istilah lain media sosial adalah “jejaring sosial” (social network), yakni jaringan dan jalinan hubungan secara online di internet. Karenanya, menurut Wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya (user) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi (sharing) , dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

  • Jenis – jenis media sosial :

Dua situs jejaring sosial yang paling terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Facebook dan Twitter.

 

Facebook adalah situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh facebook dan jarang dimiliki oleh situs jejaring sosial lain adalah beragamnya aplikasiyang dapat memanjakan pengguna, baik yang dikembangkan oleh pihak internal maupun eksternal facebook.

 

Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan maret tahun 2006 dan secara resmi diluncurkan pada bulan juli 2006. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro-blogging—blog ukuran kecil dari sisi jumlah kata yang bisa diupload (hanya 140 karakter).

 

  • Media sosial yang paling populer digunakan di Indonesia anatara lain :

1.Facebook

untitled

2.Twitter

images

3.Youtube

imagesCANLSUG8

4.Google Plus

imagesCAHSIT9A

 

Blog juga sebenarnya masuk ke kelompok media sosial. Namun, karena blog sudah berkembang pesat hingga menjadi alternatif dalam membangun website (web development), maka blog dinilai “lebih tinggi” dari media sosial.

 

Sebagai salah satu media komunikasi, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi informasi, tapi juga ekspresi diri (sel expression), “pencitraan diri” (personal branding), ajang “curhat” (curi hati), keluh – kesah, dan……………..Bisnis online ( Online Business ) juga pemasaran ( Online Marketing ).

imagesCA6EIH0H

 

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud situs pertemanan
tags: , ,

Related For Apa Yang Dimaksud Social Media ?