Apa yang Membuat Laptop Mati Mendadak Part 1

Sunday, August 20th 2017. | Hardware, Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Pernahkah anda mengalami laptop tiba-tiba mati mendadak tanpa sebab disaat anda sedang menggunakanya? Disaat sedang serius-seriusnya dengan pekerjaan yang menggunakan laptop tiba-tiba laptop anda mati tanpa sebab. Padahal mungkin dari rumah laptop tersebut sudah anda persiapkan dengan baik. Karena mungkin ada presentasi penting kemudian anda mempersiapkan data dan laptop yang di charge dengan baterai yang penuh namun saat tiba waktu presentasi tiba-tiba laptop anda. Pasti hal tersebut akan membuat pekerjaan menjadi runyam. Bahkan bisa-bisa proyek yang akan anda kerjakan bisa gagal. Hal itu pasti tidak ingin dialami oleh siapapun. Bahkan oleh para neter yang gemar bersurfing ria dan aktif di dunia maya pasti juga tidak ingin mengalami hal yang demikian. Namun apakah sebenarnya yang menyebabkan laptop tersebut mati medadak? Apakah karena komponen yang ada di dalamnya sudah rusak atau apakah karena ada infansi dari virus? Hal-hal penyebab laptop mati secara mendadak dan solusinya akan dibahas dalam tulisan kali ini.

Penyebab laptop bisa mati sendiri ini ada dua hal yang pertama karena adanya gangguan pada hardwarenya dan yang kedua karena ada masalah dengan sistem operasinya atau softwarenya. Lalu gangguan apa saja yang menjadi penyebab hardware gagal bekerja. Ada satu gangguan yang paling remeh, sepele dan mungkin tak terduga bagi pengguna laptop yang menyebabkan laptopnya mati sendiri. Gangguan itu ternyata berasal dari debu. Nah, mungkin kita akan bertanya-tanya bukankah laptop itu sudah ada chasing yang melindunginya dari debu, kenapa debu bisa masuk ke bagian dalam laptop?

Di bagian dalam laptop terdapat kipas yang berfungsi sebagai pendingin komponenya. Kipas ini akan berputar dan menghisap udara dari luar menuju ke dalam laptop. Udara yang terhisap oleh kipas terkadang juga membawa debu halus yang tak kasat mata. Meskipun jumlah yang terbawa kipas tidak seberapa namun karena saking seringnya laptop dioperasikan lama kelamaan debu ini akan semakin menumpuk didalam laptop. Penumpukan debu kotoran ini bisa menyumbat lubang yang udara yang berfungsi untuk mengalirkan udara panas keluar dari laptop. Akibat lubang pengeluaran udara yang tersumbat laptop akan mengalami overhead atau kepanasan. Hal ini memang sepele namun bisa berakibat fatal bagi komponen yang mengalami kepanasan. Selain itu karena kipas juga tersumbat oleh debu kotoran membuat kerja kipas lebih berat saat bekerja. Dan akibatnya baterai anda akan lebih boros dan cepat habis walaupun diisi dengan penuh namun daya tahanya tidak akan lama.

fan kotor

fan kotor

 

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah bongkar chasing laptop kemudian bersihkan debu kotoran yang ada didalam laptop bisa menggunakan kuas yang halus atau dengan alat yang bisa menyedot debot. Selain itu bisa juga dengan blower agar debu yang ada di dalam laptop bisa keluar semua. Pastikan kondisi laptop sudah bersih dari kotoran setelah itu chasing bisa dipasang kembali. Namun jika setelah dibersihkan laptop masih mengalami mati sendiri maka bisa di cek penyebab kedua yang menyebabkan laptop mati sendiri pada tulisan yang selanjutnya.

Incoming search terms:

  • laptop tiba tiba mati padahal baterai penuh
  • kenapa laptop mati tiba tiba saat presentasi
tags: , ,

Related For Apa yang Membuat Laptop Mati Mendadak Part 1