Apa yang Membuat Ultrabook Menjadi Lebih Tipis dari Pada Notebook?

Monday, January 30th 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Jika membandingkan laptop saat ini dengan laptop beberapa tahun yang lalu, anda akan dibuat takjub dengan tampilanya yang super slim atau super tipis. Laptop yang memiliki bentuk tipis ini biasa disebut dengan ultra book. Ingin tahu apa yang membuat ultrabook menjadi lebih tipis dari pada notebook? temukan jawabanya pada konten dibawah ini.

ultrabook-vs-laptop

ultrabook-vs-laptop

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu tentang apa yang membuat notebook menjadi lebih tebal. Isi jeroanlah yang mempengaruhi tebal atau tipisnya notebook tersebut.

Isi jeroan yang dimaksud di atas adalah berbagai macam hardware yang ditanamkan di dalamnya. Salah satu hardware yang paling vital yang terdapat di dalam notebook adalah prosesor.

Pada umumnya prosesor menggunakan kipas atau fan untuk membantu proses pendinginan. Keberadaan kipas ini sangat penting karena disaat prosesor bekerja akan menimbulkan panas yang apabila panas ini tidak diatasi maka akan dapat menyebabkan kerusakan pada prosesor tersebut.

Kipas prosesor letanya menempel tepat di atas prosesor tersebut. Jadi karena kipas ini menumpuk diatasnya maka dibutuhkan pula ruang yang lebih luas. Inilah yang menjadikan kenapa notebook tersebut memiliki bentuk yang lebih tebal.

Berbeda dengan ultrabook yang telah menggunakan prosesor generasi paling terkini yang membebaskan laptop dari konflik khususnya konflik terhadap panas. Salah satu contoh prosesor yang digunakan pada ultrabook adalah intel core m.

Prosesor generasi terbaru dari intel ini adalah rahasia yang menjadikan ultrabook lebih tipis dari pada notebook. intel core m ini tidak lagi menggunakan kipas seperti halnya pada prosesor pendahulunya.

Intel core m menggunakan teknik manufaktur baru untuk desain prosesor yang lebih tipis dengan cara mengurangi ukuran transistor. Ukuran yang diperkecil ini membawa banyak keuntungan seperti konsumsi daya yang lebih rendah dan juga bebas konflik terhadap panas. Daya yang dibutuhkan intel core m hanya 4,5 Watt jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan prosesor laptop yang membutuhkan daya 10-15 Watt atau prosesor PC yang membutuhkan daya 50-100Watt.

Jadi selain prosesor, ada pula rahasia lain yang membuat ultrabook menjadi lebih tipis dari pada notebook. rahasianya adalah penggunaan SSD. Sudah tahukan apa itu SSD, SSD merupakan memori penyimpanan yang bebasis flash. Cara kerjanya sama seperti flashdisk. Keuntungan menggunakan SSD ini adalah selain ukuranya lebih tipis, SSD juga tidak berisik karena SSD tidak seperti HDD yang menggunakan cakram magnetic yang diputar didalamnya.

Nah sekarang sudah tahukan apa yang membuat ultrabook menjadi lebih tipis dari pada notebook. Jika anda memiliki tambahan lain silahkan bagikan pengetahuan anda agar informasi ini lebih lengkap dan berguna bagi yang lain.

tags: , ,

Related For Apa yang Membuat Ultrabook Menjadi Lebih Tipis dari Pada Notebook?