Apakah Definisi Proxy Dan Kegunaannya dalam Jaringan Komputer?

Monday, March 6th 2017. | Jaringan, Komputer
Sponsored Links

Dalam dunia internet memang terdapat sebuah server yang dikenal dengan Proxy. Sudah umum memang namanya dikalangan masyarakat dan pastilah tidak sedikit orang yang telah sering mendengar kata Proxy dalam menselancari dunia luas melalui internet. Tapi seringkali masyarakat hanya mengerti dan mendengar kalimat tersebut tanpa mengetahui detailnya tentang Apakah Definisi Proxy Dan Kegunaannya dalam Jaringan Komputer? Oleh karena itu alangkah lebih baiknya bila kita sama-sama dapat menelusuri tentang Proxy.

Sistem Proxy Server

Sistem Proxy Server

Apakah definisi Proxy dan kegunaannya dalam jaringan komputer? Agar lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut.

Apakah Definisi Proxy ?

Proxy merupakan sebuah kata dari nama server yang mana adalah server computer yang memiliki peran sebagai pemrogram dalam computer dengan tugasnya sebagai penyalur request atau permintaan dari kita untuk diteruskan kepada web server lainnya.

Nah diain sisi dalam internet juga terdapat program yang menyediakan layanan untuk mengatasi dan menangani dalam hal akses internet yang terbatas kecepatannya serta melakukan program security untuk menangani juga mengatasi dalam keperluan menggunakan internet, program inilah yang disebut-sebut sebagai program Squid yang memiliki performa dalam program computer yang cukup dikatakan powerfull untuk mengani sebuah jalannya jaringan.

Dan tugas sebagai administrator dalam sebuah jaringan adalah untuk pengawas lalu lintas untuk mengatur jalannya agar mudah dalam perjalanan aksesnya entah itu dari dalam jaringan ataupun dari luar jaringan, semua diatur dan sebagai tugas utama dari administrator jaringan, lebih mudah digambarkan jika seorang admin jaringan tersebut sebagai police keamanan dan lalu lintasnya lah sebagai tugas utamanya untuk mengatur jalannya lalu lintas agar tidak terjadi tabrakan dan ketidaklancaran.

Pemilihan program Squid untuk Server Proxy merupakan pilihan yang tepat dan bagus untuk sebuah pembangunan server Proxy, mengapa dikatakan baik? Karena program tersebut memiliki keunggulan juga kehandalan bahkan dapat didapatkan secara gratis dan program ini juga sangat mendukung dalam fitur ICP.

Kegunaan Program Proxy

Sudah jelas bukan Apakah definisi dari Proxy, nah untuk pendalaman lebih jelasnya dan detailnya, coba perhatikan Kegunaan dari Proxy itu sendiri. Proxy server sangat identik dengan kegunaannya sebagai tempat untuk penyimpanan cache computer yang mana hal demikian diminta oleh computer client yang ditujukan kepada internet yang bersistem public atau meluas.

Nah seperti harddisk dalam computer itulah data –data yang berasal dari cache tersebut akan tersimpan dalam sebuah memory dalam system computer yang tentunya berada pada proxy server yang telah dibuat. Tentunya hal demikian akan semakin membuat semua rencana atau pekerjaaan semakin mudah dan cepat sehingga meskipun data-data itu sama maka akan cepat tertranmisi oleh computer client yang mana telah merequest atau meminta data tersebut.

Mudah bukan penggunaan dalam Proxy server, anda dengan sangat mudah menggunakan kecepatan akses internet juga proses tranmisi dengan baik. Bahkan bisa dikatakan topologi yang anda pakai untuk jaringan computer menjadi berubah karena adanya server proxy yang mengambil alih topologi jaringan, maksudnya sebuah paket data yang berada pada computer anda, ketika anda melakukan tranmisi tidak langsung menuju server yang dituju tersebut (yang diinginkan) akan tetapi data tersebut akan melalui jalur server proxy.

tags: , , , ,

Related For Apakah Definisi Proxy Dan Kegunaannya dalam Jaringan Komputer?