Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikan?

Monday, February 23rd 2015. | Blog, Gadget, Hardware, Software
Sponsored Links

7f45ed757b7c0a5594d84995704c3bfe

Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikan? – Bukan kali pertama ini saya jumpai pertanyaan seperti diatas. Terakhir kemarin sore ketika saya check Real-Time menu pada Google Analytic. Disana pada peringkat keempat Top Keywords tertulis “apa ram Samsung galaxy young bisa di tambah”. Entah bagaimana pertanyaan singkat tersebut bisa muncul.

Lucu memang Keyword-keyword semacam itu sering keluar dengan membawa nama-nama ponsel Android terdahuluu seperti Samsung Galaxy Young, Samsung Galaxy Mini, Xperia X10 Mini, dan lain sebagainya. Mungkin karena smartphone di era itu memiliki spesifikasi yang kurang, para pengguna mencari cara bagaimana Android mereka bisa tahan awet dalam arti seperti Android masa kini.

Secara ‘realistis’ sekarang belum ada yang bisa menambah RAM di Android dikarenakan pada tahu sendiri bukan sebagai perangkat yang memiliki ukuran kecil dan salah satu fungsi utamanya untuk berkomunikasi, smartphone Android tidak perlu di build-up seperti komputer pada umumnya.

Munkin benar RAM Android itu memang bisa dimaksimalkan (dengan kata lain bukan ditambah). Beberapa cara diantaranya dengan teknik yang banyak beredar selama ini yaitu dengan ZRAM maupun Swap File.

Pada tutorial Cara Menambah Kapasitas Memori RAM Android, disana saya katakana bahwa padadasarnya menambah RAM Android bukan berarti mengganti RAM internal yang sudah ada. Itu sangat mustahil (kecuali untuk smatphone yang lagi booming belakangan ini yang katanya bisa build-up spec hardware itu). Jadi jika RAM internal Android anda missal sebatas 512MB, tidak bisa anda minta dinaikkan menjadi 1GB dan seterusnya.

ZRAM dan Swap File termasuk dalam kategori virtual memory. Anda tidak akan mendapati kapasitas RAM yang bertambah pada kedua teknik ini. Sebelumnya, virtual memory itu anggap saja sebuah RAM bayangan dan bukan RAM inti. Fungsi kerjanya hanya untuk menopang kinerja RAM internal supaya berjalan mulus.

Anda mengenal Linux? Jika ya, sudah pasti anda kenal dengan yang namanya Swap. Android masih satu kernel dengan Linux. Anda bisa memaafkan kapasitas memori eksternal untuk dijadikan Swap File yang bisa digunakan untuk virtual memory. Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan ZRAM karena jika Swap File memakan space memori eksternal, ZRAM memangkas space RAM internal anda. Sekali lagi, memangkas space RAM internal anda.

Jadi itu saja yang dapat saya sampaikan. Kesimpulannya.

Secara realistis RAM internal Android tidak / belum bisa dinaikkan dan ditambah, namun bisa dimaksimalkan. Langkah umumnya dengan menggunakan ZRAM dan juga Swap File.

Sebagai catatan, untuk menggunakan ZRAM / Swap File, kernel Android anda sudah harus support Swap. Jika tidak, biasanya meski tutorialnya sudah anda praktikkan, karena anda check di Terminal Emulator dengan mengetik ‘free’ (tanpa ada petik), Swap nya akan tetap terisi 0 (tidak bekerja).

Demikian ulasan artikel mengenai tentang Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikan? Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjungannya.

Incoming search terms:

  • ram 512 jadi 1gb android
  • cara merubah ram 512mb jadi 1gb
  • cara menambah ram 512 menjadi 1gb
  • cara merubah ram 512 menjadi 1gb
  • zram 1gb
  • ram 512 jadi 1gb
  • cara menambah ram 512mb jadi 1gb
  • cara membuat ram 512mb jadi 1gb
  • bisakah ram 512 di tingkatakan?
  • ram 1gb jadi 2gb
tags: , ,

Related For Apakah RAM Android Bisa Ditambah Atau Dinaikan?