Aplikasi Bayangan Windows 8.1

Wednesday, March 23rd 2016. | Blog
Sponsored Links

Windows 8.1 merupakan operating sistem komputer terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Operating sistem ini merupakan perkembangan lebih lanjut dari versi windows yang sebelumnya, yakni windows 8. Perusahaan asal amerika ini telah merilis beberapa seri yang dari windows 8.1 seperti windows RT 8.1, windows 8.1 pro, windows 8.1 core, dan windows 8.1 enterprise. Windows 8.1 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari windows 8. Dengan hadirnya tombol start dan menu start yang lebih ringkas membuat windows 8.1 ini memiliki tampilan yang lebih dinamis. Pada windows 8 semua aplikasi yang terinstal di komputer akan muncul semua di menu start screen. Penampakan setiap aplikasi tersebut membuat tampilan start screen akan memanjang ke kanan. Hal ini akan membuat display menjadi unfriendly bagi user disaat akan login atau akan mencari aplikasi yang diinginkan.

Pada windows 8.1 menu start screen sudah dipisahkan dari aplikasi yang terinstal di dalam komputer. pemisahan ini membuat tampilan start screen pada windows 8.1 menjadi lebih ringkas dan tidak bercampur dengan semua aplikasi yang terinstal. Hanya ada beberapa aplikasi bawaan windows yang muncul di menu start screen. Namun kita juga bisa memodifikasinya sendiri apabila kita ingin membuat grup aplikasi atau pun ingin menambahkan beberapa aplikasi ke dalam menu start screen. Contoh misalkan kita ingin menambahkan aplikasi game-game kesayangan kedalam menu start screen. Kemudian kita bisa menambahkanya ke grup yang kita buat sendiri. misalkan kita membuat grup dengan nama my games dan lain sebagainya. Selain itu tampilan aplikasi pada menu start screen windows 8.1 juga bisa dirubah ukuranya. Ukuran yang tersedia ada small, medium dan large. Namun dari segi kecanggihan operating sistem hampir tidak ada perbedaan.

Dari sekian kecanggihan dan kelebihan yang disajikan oleh windows 8.1, operating sistem ini juga tak luput dari kekuranganya. Kekurangan yang paling santer terdengar dikalangan pecinta gadget adalah windows 8.1 ini memerlukan spek komputer yang tinggi untuk bisa mensupport sistem operasinya. Windows 8.1 ini memerlukan spek minimum yang hampir sama dengan windows 8 atau windows 7. Walaupun dikatakan spek minimum, namun bila spek minimum ini digunakan untuk windows xp maka ini termasuk spek yang tinggi.

start screen apps windows 8.1

start screen apps windows 8.1

Kembali ke topik utama pembahasan pada tulisan ini, pada windows 8.1 juga terdapat kelemahan yang tak terlihat bahkan hampir tidak diketahui oleh user. Kelemahan ini terdapata pada aplikasi yang terdapat pada menu start screen dan beberapa aplikasi lain pada saat aplikasi ini sudah di tutup ternyata aplikasi tersebut belum 100 % mati. Aplikasi tersebut memang sudah tidak ditampilkan lagi namun bila di cek di task manager aplikasi tersebut masih nyala dan memakan memori RAM. Hal ini disebabkan oleh adanya Teknologi Background Task Host. Teknologi ini memang membuat aplikasi berjalan dengan cepat namun ternyata juga menyimpan cache sendiri di RAM akibatnya memori pada RAM juga akan ikut terpotong untuk menjalankan aplikasi bayangan tersebut.

tags: , , ,

Related For Aplikasi Bayangan Windows 8.1