Arti BIOS pada Komputer Serta Kegunaan Fungsinya

Wednesday, April 20th 2016. | Hardware, Komputer, Software
Sponsored Links

BIOS merupakan sebuah komponen dalam komputer yang mana termasuk sebuah komponen pentting bagi system komputer. Pasti masih bingung bukan dengan penjelasan ini, karena itulah silahkan simak ulasan berikut tentang penjelasan detail dari Arti BIOS pada Komputer Serta Kegunaan Fungsi darinya yang akan jabarkan pada postingan berikut dibawah ini.

Chip Komponen BIOS

Chip Komponen BIOS

Arti BIOS pada Komputer.

Sebelum memahami lebih dalam lagi, lebih baik mengerti dahulu arti BIOS itu apa? BIOS merupakan satu kata dari serangkaian kata yang merupakan kepanjangan dari Basic Input Output Sistem. BIOS merupakan komponen yang menghubungkan beberapa komponen seperti hardware untuk melakukan pekerjaannya masing-masing sehingga hardware yang saling berhubungan tersebut dapat diatur dengan baik dalam menjalankan tugasnya.

Akan tetapi BIOS merupakan software yang digunakan untuk melakukan pengontrolan terhadap perangkat keras atau hardware yang saling terhubung dengan komputer, yang mana BIOS jika dilihat dari segi fisik nya atau komponen yang terlihat merupakan sebuah chip yang mana chip itu dilekatkan dan diletakkan dalam CPU tepatnya pada ROM motherboard.

Nah sudah mengerti bukan Arti BIOS pada Komputer? Saya kira cukup untuk membuat anda semakin memahami arti dari kompone BIOS, akan tetapi pastilah anda belum puas dengan penjelasan arti BIOS itu saja, tentulah anda juga menginginkan untuk mengerti fungsi dari pada BIOS itu sendiri. Silahkan baca ulasan kegunaan fungsi dari BIOS.

Kegunaan Fungsi BIOS

1. Pengontrolan Hardware.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, pengontrolan terhadap hardware merupakan tugas utama yang dipikul oleh BIOS, yang mana BIOS sangat berperan besar untuk melakukan pengecekan serta pengontrolah terhadap perangkat keras yang terhubung dengan komponen komputer. Juga BIOS memiliki keunggulan yang lain yakni dapat mengenali setiap komponen hardware yang terhubung dengan komputer ataupun pada mainboard.

2. Melakukan Pengecekan

Nah fungsi yang kedua ini yakni BIOS melakukan suatu pengecekan terhadap hardware yang terpasang sehingga sampai dipastikan oleh BIOS apakah hardware siap berjalan ataukah tidak. Jadi tidak hanya melakukan pengenalan perangkat keras saja akan tetapi juga perlu adanya pengecekan hardware yang dilakukan oleh BIOS.

3. Melakukan pengecekan proses Booting dan settingan paling mendasar.

Selain dari kedua fungsi diatas, BIOS juga memiliki tugas untuk melakukan pengecekan terhadap proses booting system komputer juga mengecek tempat penyimpanan data, dan biasanya yang sering muncul adalah proses booting pada komputer.

Semua penjabaran sekilas dari Arti BIOS pada Komputer Serta Kegunaan Fungsinya saya kira cukup membuat anda mengerti dengan arti dari BIOS itu sendiri, dan saya kira ilmu yang saya bagi ini dapat membuat anda tambah wawasannya tentang imu komputer, dan semakin mengenal isi dari komputer itu sendiri.

Incoming search terms:

  • kegunaan bios
  • Jabarkan BIOS pada komputer
tags: , , , ,

Related For Arti BIOS pada Komputer Serta Kegunaan Fungsinya