Artikel Tentang Teknologi Jaringan Topologi bintang (Star), Serta Kelemahan Dan Kelebihan Dari Topologi Bintang

Tuesday, July 14th 2015. | Internet, Jaringan
Sponsored Links

Seperti yang sudah ane jelasin tentang topologi jaringan bus pada artikel sebelumnya. Kali ini ane akan bahas tentang jenis topologi serta materi yang lain yang lain, yaitu Artikel Tentang Teknologi Jaringan Topologi bintang (Star), Serta Kelemahan Dan Kelebihan Dari Topologi Bintang. Kenapa bisa dinamakan Topologi bintang? Lalu apakah Topologi bintang itu? Semua pertanyaan tersebut bakal ane jabarin di artikel yang satu ini.
oke, langsung aja ke Intinya..

Jaringan Topologi Bintang (Star)

Jaringan Topologi Bintang (Star)

Pengertian Topologi bintang.

Topologi bintang hampir sama cara kerja hubungnya dengan Topologi bus, hanya saja perbedaan pada Topologi bintang itu terletak pada cara menghubungnya yang membentuk sebuah bintang atau star. Nah, pengertiannya sendiri dari Topologi bintang adalah sebuah cara yang digunakan untuk menghubungkan jaringan dari computer satu dengan jaringan computer yang lainnya, yang mana computer-komputer tersebut yang terhubung tersebut membentuk satu penghubung yang membentuk jaringan degan bentuk bintang atau star.

Maka dari itu, mengapa dinamakan topologi bintang? Karena jaringan penghubungnya yang membentuk sebuah bentuk bintang. Nah, alat yang digunakan untuk menghubungkannya namanya Hub dan Switch. Alat-alat tersebut digunakan untuk menghubungkan setiap node jaringan yang tersambung pada sebuah LAN.

Nah, tidak itu saja, Topologi bintang juga memiliki kekurangan serta kelebihan yang dimiliki. Berikut adalah Kelemahan dari Topologi bintang :

a. kebalikan dengan Topologi Bus, jika topologi Bus sangat hemat pada kabelnya, tidak dengan Topologi bintang, dia harus boros terhadap kabel, karena kabel yang dihubungkan tidak menggunakan satu kabel pusat saja, akan tetapi menggunakan banyak kabel yang digunakan untuk menghubungkannya.
b. pada Topologi bintang, apabila pada ode bagian tengah mangalami problem atau kerusakan, maka yang terjadi adalah semua rangkaian yang tersambung pun akan ikut terhenti.
c.
jaringan pada Topologi bintang itu sangat tergantung pada bus atau terminal bagian pusat.
d. kelemahan yang dimiliki oleh switch yaitu jika menggunakannya sebagai media tranmisi serta lalu lintar yang terjadi itu padat data, maka yang terjadi jaringan akan lambat.
e. Biaya jaringan yang dikenakan pada Topologi bintang itu lebih mahal dari pada biaya untuk Topologi bus ataupun Topologi ring.
f. Dll..

Jika Topologi bintang memiliki kekurangan, tentulah juga memiliki kelebihan.
yaitu kelebihannya adalah :

a. Dilihat dari segi keamanan, pada Topologi bintang termasuk jenis topoogi yang memilikitingkat keamanan yang tinggi.
b. pada Topologi bintang, dia memiliki data tahan terhadap sibuknya lalu lintas yang berjalan.
c
. Dalam system pendeteksian kesalahan atau pengontrolan, dapat dilakukan dengan mudah.
d. pada Topologi bintang, jika terjadi problem pada saluran yang satu, dia hanya akan berpengaruh pada system jaringannya saja. Tidak dengan yang lainnya.

Artikel Tentang Teknologi Jaringan Topologi bintang (Star), Serta Kelemahan Dan Kelebihan Dari Topologi Bintang sudah ane jabarin diatas, semoga dengan ilmu yang ane bagikan dapat bermanfaat bagi pembaca.

tags: , , , ,

Related For Artikel Tentang Teknologi Jaringan Topologi bintang (Star), Serta Kelemahan Dan Kelebihan Dari Topologi Bintang