Atasi dan Perbaiki Kerusakan pada Laptop

Saturday, August 26th 2017. | Blog, Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Tentulah kerusakan yang terjadi pada laptop bukan harapan user, karena selain mengurangi waktu kerja dan menghalangi kinerja user dalam bekerja berhadapan dengan laptop juga membuat laptop tidak awt lagi apabila tidak segera diperbaiki, memang terkadang pengguna menginginkan cara cepat dan tidak mau repot-repot dalam memperbaiki laptop sendiri, akan tetapi tidak ada salahnya untuk masalah yang sedikit supaya diperbaiki sendiri, agar anda pun tahu apa saja kerusakan yang dapat terjadi pada hardware anda sehingga anda pun tidak kebingungan apabila terjadi problem pada laptop anda.

Terkadang user sering bingung terhadap masalah yang sepele sekalipun karena user tidak pernah ingin tahu ataupun mencari tahu akan masalah yang terjadi pada hardware laptop sehingga solusi yang paling tepat bagi pengguna yang seperti itu adalah membawa laptop bermasalah tersebut ketukang servis.

Atasi dan Perbaiki Kerusakan pada Laptop

Atasi dan Perbaiki Kerusakan pada Laptop

Padahal apabila kita dapat mengatasinya dengan tangan kita sendiri, kita juga akan mendapat beberapa keuntungan yang bisa digunakan suatu saat nanti apabila terjadi probem pada laptop, yang pertama kita bisa mendapat pemahaman karena dapat mengerti hardware yang bermasalah, yang kedua dapat menyelesaikan sendiri problem yang dialami laptop tanpa harus membawanya ketukang servis dan mengeluarkan biaya untuk membayarnya.

Nah berikut ini akan saya bahas satu masalah yang terkadang dihadapi user yang sebenarnya dapat diatasi sendiri. Berikut ulasannya.

  • Layar laptop tidak menyala padahal tombol power menyala

Dalam satu masalah ini terdapat beberapa penyelesaian yang dapat dipakai untuk mengatasi problem ini, nah cara-cara ini supaya dicoba satu-satu karena upaya ini dapat digunakan untuk menyelesaikan problem yang tidak dapat terselesaikan jika sudah menggunakan poin/cara yang pertama. Permasalahan yang terjadi pada laptop anda terkadang terjadi karena beberapa hal seperti permasalahan software atau bisa juga karena hardware didalamnya.

Perhatikan dengan sungguh tips berikut agar anda tidak tergesa-gesa membawanya ketukang servis dan anda pun dapat menyelesaikannya dengan tangan anda sendiri.

Untuk menyelesaikan satu problem ini dapat menggunakan cara sebagai berikut :

1. Cara Pertama

Hal yang pertama kali yang harus anda lakukan adalah menshutdown laptop anda, terkadang dalam keadaan laptop beroperasi biasanya laptop akan panas, nah cobalah untuk mendinginkan laptop terlebih dahulu. Setelah laptop dingin, baterai pada bagian bawah laptop silahkan dicopot, dan gunakan kabel adapter untuk menghubungkan listrik ke laptop (tanpa menggunakan baterai), apakah sudah menyala ataukah malah sebaliknya tetap dalam keadaan tidak menyala/mati?

2. Cara Kedua

Jika cara yang pertama sudah terlesaikan maka cara yang kedua tidak perlu dicoba, akan tetapi apabila cara pertama belum dapat memenuhi keinginan anda maka dapat anda coba memakai cara yang kedua ini yaitu dengan cara : Buka casing laptop dan lepaskan memory RAM yang menancam pada slotnya, biasanya laptop memiliki 2 slot, nah memory yang dilepas tadi cobalah pindahkan ke slot yang lain (slot yang kedua), tapi terkadang terdapat jenis laptop yang hanya memiliki 1 slot saja maka solusinya adalah copor memory dan masukkan kembali kedalam tempat slotnya, dan silahkan anda lihat hasil dari cara tersebut apakah sudah berhasil ataukah belum?

3. Cara Ketiga

Cara ketiga ini merupakan cara yang apabila langkah pertama dan kedua tidak dapat menyelesaikannya maka anda dapat gunakan cara berikut ini yaitu dengan cara melepas harddisk yang tersimpan dalam cassing laptop atau melepas prosesor yang ada pada laptop, gunakan salah satunya untuk mencoba mengatasi masalah, setelah melepas harddisk atau proseor dari tempatnya maka letakkan kembali kedalam tempatnya, dan coba apakah langkah tersbeut berhasil ataukah tidak?

Mengatasi dan memperbaiki kerusakan pada laptop dengan memakai cara-cara diatas harusnya telah terselesaikan jika hanya problem pada softwarenya, tapi jika yang bermasalah adalah hardware didalamnya kemungkinan besar terdapat kerusaka yang terjadi pada hardware anda.

Biasanya yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada RAM nya, jika RAM tersebut terdapat problem fisik maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi apabila selain kerusakan tersebut anda dapat membawanya ke tukang servis untuk menemukan masalah yang terjadi pada laptop anda sehingga laptop anda tidak dapat menyala.

Incoming search terms:

  • service komputer dilamongan
  • servis laptop lamongan
tags: , , , ,

Related For Atasi dan Perbaiki Kerusakan pada Laptop