Awas Berlama – lama di depan Komputer Dapat Menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS)

Wednesday, September 28th 2016. | Blog
Sponsored Links

Gaya hidup modern saat ini lebih banyak dihabiskan untuk berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Dalam sehari, bahkan hampir berjam – jam mata terfokuskan di depan layar monitor. Kebiasaa terlalu lama berada di depan komputer dapat meningkatkan resiko terhadap kesehatan tubuh.

Posisi duduk yang salah saat berada di depan komputer dapat mengundang berbagai penyakit. Dampak yang dirasakan memang tidak datang dengan seketika namun dampak tersebut lambat laun akan mulai dirasakan. Namun ada beberapa bagian tubuh yang dapat langsung merasakanya, yakni mata.computer-vision-syndrome

Mata merupakan alat penglihatan yang harus dijaga kesehatanya. Terlalu lama menatap layar monitor dapat meningkatkan resiko computer vision syndrome atau biasa disingkat CVS. Syndrome ini disebabkan oleh menurunya frekuensi untuk berkedip ketika menggunakan komputer dalam waktu yang lama, posisi yang salah dan pencahayaan yang kurang tepat.

Berikut gejala – gejala computer vision syndrome :

  1. Sakit kepala
  2. Mata menjadi tegang
  3. Mata panas
  4. Mata merah
  5. Kelelahan mata

Bagi anda yang sudah merasakan gejala – gejala diatas sebaiknya segera merubah gaya hidup tersebut. Namun bukan berarti anda harus meninggalkan komputer anda, bukan. Tetapi anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi Computer Vision Syndrome.

  1. Istirahatkanlah diri anda kurang lebih 10 menit setiap jam anda mengopeasikan komputer
  2. Setiap 15 menit, alihkan pandangan anda dari komputer anda ke objek yang jauh selama kurang lebih 10 detik
  3. Lakukan peregangan untuk sebentar dengan cara berdiri, melakukan sedikit olah raga ringan, atau sekedar berjalan – jalan sebentar dengan tujuan agar aliran darah kembali normal dan otot kembali rileks
  4. Atur posisi layar monitor dengan jarak pandang mata yang baik kurang lebih 50 – 75 cm. posisi layar monitor dengan derajat kemiringan 5 – 20 derajat miring ke belakang atau lebih rendah dari ketinggian horizontal mata.
  5. Posisikan duduk yang senyaman mungkin. Namun yang perlu diingat adalah anda tetap wajib duduk dengan tegak dengan posisi keyboard lebih rendah atau sejajar dengan siku.
  6. Jangan berlama – lama di depan komputer jika memang tidak ada hal penting yang harus dilakukan.
tags: , ,

Related For Awas Berlama – lama di depan Komputer Dapat Menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS)