Ayo Bersihkan Komponen Hardware pada PC

Tuesday, March 3rd 2015. | Hardware
Sponsored Links

 

Dengan melakukan beberapa tahap untuk membersihkan komponen-komponen pada PC atau komputer. Sebelum membersihkan, siapkan perlengkapan, persiapan perawatan dan permbersihan. Adapun perlengkapan atau bahan yang digunakan untuk membersihkan komponen PC yaitu :

  1. Penyedot Debu Mini
  2. Kain kering atau Tisu dan Cairan Pembersih
  3. Disk Cleaner
  4. Kuas
  5. CD Cleaner
  6. Obeng
  7. Tang
  8. Kaos Tangan Lateks
  9. Groungding
  10. Blower

Persiapan 

Untuk persiapannya, matikan terlebih dahulu semua koneksi listrik yang mengalir pada PC atau cabut semua kabel power. Kemudian lepaskan semua konektor pada komponen PC (Harddisk drive, modul memory (RAM), CPU, Power supply, CD/DVD drive, dan lainnya dari motherboard. Apabila memungkinkannya, semua komponen yang ada si casing dapat di lepas (kecuali motherboard).

Pembersihan

  • Casingber

Masalah yang sering terjadi di dalam case komputer adalah debu yang terbawa oleh fan casing komputer itu sendiri atau sarang serangga. Sedangkan kotoran-kotoran tersebut selain mengganggu keistimewaan dan juga keindahan juga dapat berdampak jelek pada fan dan komponen yang lain pada motherboard. Dengan mneggunakan alat yang cukup sperti kuas atau dengan penyedot debu mini sudah bisa membersihkan casing komputer. Dan untuk bagian sudut-sudut terutama pada bagian yang perlu diperhatikan lagi pada pengkabelan yang mudah lepas karena hentakan terutama pada saklar. Untuk bagian belakang yang perlu dibersihkan yaitu pada bagian tempat fan atau ventilasi.

  • Floppy Drive

Pada bagian Floppy drive atau disk drive ini merupakan komponen komputer yang digunakan sebagai penggerak floppy atau disket untuk media penyimpan data. Disk drive ini sangat mudah apabila terkena debu atau kotoran yang dibawa oleh disket sehingga bisa mengganggu fungsionalitas disk drive. Kemudian adapun cara membersihkan disk drive cukup menggunakan disk cleaner.

  • CD-ROM dan CD-RW

Adapun permasalahan yang lumayan sering mengganggu pada bagian ini terletak pada optik lensanya. Untuk langkah yang digunakan untuk membersihkan optic atau lensa dari debu ataupun kotoran-kotoran yang lain adalah dengan cara menggunakan CD cleaner. Cara kerja dari CD cleaner sedikit sama dengan disk cleaner, perbedaannya di bagian bentuknya saja.

  • Hard Disk

Diperlukan tambahan fan untuk mengurangi panas pada hard disk. Untuk hard disk dengan kecepatan 7200 rpm ke atas fan ini sangat merekomendasikan. Kemudian pada pengaturan kabel yang perlu diperhatikan, karena agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.

  • VGA Card

VGA Card biasanya permasalahannya adalah panas yang berlebihan, maka untuk mengurangi panas yang berlebihan perlu diperhatikan heatsink dan fan-nya. Agar heatsink dan fan bersih dibersihkan cukup menggunakan dengan kuas kecil.

  • Memori

RAM dari korosi yang kotor akibat sentuhan tangan cara membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan karet penghapus, gosokan pada kaki RAM. Pemasangan pada slot RAM juga perlu diperhatikan, jika tidak tertancap dengan sempurna, maka RAM tidak akan terdeteksi.

  • Power Supply

Cukup dengan menggunakan kuas atau tisu Power Supply pun sudah bersih.

  • Motherboard

Dengan menjaga suhunya, yaitu dengan memperlancar sirkulasi udara pada sistem. Dikarenakan banyak kabel yang tersambung di motherboard maka perlu diikat dengan pengikat kecil. Adapun gangguan dari debu atau sarang serangga dapat menggunakan dengan kuas atau penyedot debu mini. Tambahan, jangan sampai mengganggu komponen yang lagi terpasang.

  • Expansion Card

Dengan memperhatikan kaki-kakinya dari pengaruh korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab yang lain. Cara membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih lalu gosok dengan karet penghapus, expexsion juga harus terpasang sempurna serta kuat.

 

tags: , ,

Related For Ayo Bersihkan Komponen Hardware pada PC