Bagaimana Cara Membersihkan dan Merawat Layar Laptop dan Tablet

Wednesday, September 14th 2016. | Blog
Sponsored Links

 

Berbagai perangkat elektronik yang anda miliki saat ini, terutama perangkat elektronik yang mempunyai layar yaitu laptop, tablet, PC, dan lain-lain. Sering sekali anda lupa dengan perangkat itu pada waktu bersih-bersih rumah. Hal ini merupakan langkah yang paling tepat karena perangkat elektronik seharusnya tidak dibersihkan dengan produk pembersih yang sembarangan dan kain lap yang dapat anda gunakan untuk membersihkan permukaan peralatan rumah. Produk-produk cairan pembersih perangkat elektronik khusus tersedia di pasaran untuk masing-masing perangkat elektronik anda, seperti cairan pembersh laptop, pembersih layar laptop dan TV, bahkan alat pembersih keyboard laptop.

 

Banyak celah-celah sempit yang dimiliki oleh perangkat elektronik yang rentan menjadi sarang laba-laba atau debu, bakteri, dan kotoran. Semuanya menjadi semakin parah pada perangkat elektronik portable yang sering bersentuhan dengan tangan, seperti keyboard dan trackpad.

laayra

Untuk mengatasi hal-hal yang seperti ini anda dapat melakukan kebersihan laptop sendiri, berikut tips-tips membersihkan laptop :

Telah banyak layar laptop yang terbuat dari LCD, bukanlah kaca biasa seperti pada monitor komputer generasi sebelum-sebelumnya. Dengan demikian, cara merawat perangkat elektronik yang satu ini cukup memerlukan perhatian khusus. Adapun cairan pembersih laptop sudah tersedia di toko-toko komputer dan dirancang khusus khusus untuk membersihkan layar laptop yang sensitif. Simak dan baca aturan pemakaian pada bungkus atau kemasanya, kemudian matikan laptop anda, jangan lupa matikan terlebih dahulu kabel yang mengalirkan listrik, lalu lepas baterai jika memungkinkan.

Yang paling penting dalam tips membersihkan layar laptop adalah bahan yang anda pakai untuk mengelap layat tersebut. Kain mikrofiber bekerja sangat baik pada layar LCD dibandingkan tisu atau kain biasa. Lalu basahi kain lap dengan sedikit cairan pembersih layar dengan menghindari secara langsung dalam membasahi layar.

Apabila laptop anda memiliki trackpad, maka cara terbaik untuk membersihkan layar tersebut adalah mengelap layar dengan kapas dan dibasahi alkohol. Jangan lewatkan pinggiran dan sudut-sudut trackpad. Alkohol sebagai pembunuh kuman yang telah pindah dari jari-jari kotor.

Cara merawat Tablet

Sedangkan cara untuk membersihkan layar pada tablet, pada dasarnya sama dengan laptop. Tablet ini memilki celah-celah yang senmpit dan bagian-bagian yang rumit, maka ini harus ada perhatian khusus.

  1. Anda matikan tablet dan cabut kabel pengisi daya.
  2. Tablet juga bisa dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih LCD laptop untuk membersihkan layar sentuh pada tablet.
  3. Sebelumnya, anda baca aturan pemakaiannya lalu senprotkan sedikit cairan pada lap.
  4. Bahan yang sesuai untuk mengelap layar sentuh adalah kain mikrofiber, sebab bahan kain ini tidak meninggalkan serpihan seratnya.
  5. Jangan sampai menggunakan tisu atau kain lap biasa yang menyebabkan layar tergores.
  6. Apabila tablet anda memiliki mikrofon, bagi perhatian khusus area tersebut karena rentan menangkap bakteri dari rongga mulut. Lap bagian ini menggunakan tisu basah antibakteri dua kali seminggu.
  7. Untuk membersihkan celah-celah sempit anda dapat menggunakan kapas bertangkai.

 

Incoming search terms:

  • membersihkan layar laptop dengan tisu basah
tags: , ,

Related For Bagaimana Cara Membersihkan dan Merawat Layar Laptop dan Tablet