Bagaimana Ide Persiapan SDM IT Indonesia

Thursday, September 8th 2016. | Blog
Sponsored Links

Dengan terjadinya kelangkaan pada SDM IT ini Negara Kesatuan Indonesia tidak akan tinggal diam, dia adalah sebagian bencana di satu sisi ini. Namun, disisi lain peluang terdapat padanya. Setelah Negara Indonesia yang terkenal denganpengiriman tenaga kerja buruh keluar negeri, tetapi mulai sekarang Indonesia akan mengirimkan skilled workes ke seluruh penjuru dunia. Semua ini peluang bagi kita yang mempunyai ilmu-ilmu yang sangat diperlukan pada era ini.Tetapi kesempatan ini juga harus pintar dalam mencermatinya, karena setiap negara juga akan memanfaatkan kesempatan ini. Indonesia sudah melakukan beberapa Ide di bidang Teknologi Informasi.SDDM

Sistem SMK IT

Cara utama agar dapat mengatasi krisis SDM pada bidang Teknologi ini salah satunya adalah dengan menghasilkan SDM di setiap tingkat, yaitu dengan sebutan SMK atau kepanjangan dari Sekolah Menegah Kejuruan. Sekolah ini salah sView Post

atu aset yang diharapkan oleh pemerintah agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai, bagaimana maksudnya? Yaitu dengan adanya SMK ini siswa-siswi setelah lulus dari sekolah sudah bisa langsung bekerja ataupun membuat pekerjaan. Adapun hasil pengamatan dari pemerintah telah menunjukkan bahwa SMK bisa bertempat di posisi operatior, help desk, web designer, dan technical support. Saat ini sudah banyak sekolah khusus IT yang berdiri di Indonesia.

Program Diploma IT

Tingkat diploma ini masih satu tingkat di atas lulusan SMK maupun SMU. Perusahaan-perusahaan yang sudah berdiri lama banyak yang menginginkan tenaga kerja dengan level diploma dan sudah memiliki banyak pengalaman tentang pekerjaan.

Sistem Sarjana IT

Adapun Universitas di Indonesia juga sudah banyak yang menghasilkan beberapa tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi. Tetapi ilmu yang telah dicarinya tidak memadai dengan tingkat kelulusannya, seorang pelaku bisnis software mengatakan bahwa Universitas di Indonesia belum mampu menghasilkan software engineer tetapi umumnya menghasilkan progammer yang handal. Dengan hasil pengamatan hanyalah Universitas Indonesia dan Institute Tecnology Bandung yang saat ini sudah bisa menghasilkan beberapa software engineer. Maka, perlu pembinaan pada perguruan tinggi agar dapat megahasilkan lulusan software engineer. Negara Indonesia lebih mementingkan pada gelar dibandingkan kemampuan yang dimilikinya. Namun kemampuan lah yang diperlukan pada era saat ini.

Program Sekolah 2000SSSDM

APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ini telah menyelenggarakan sistem yang satu ini, dengan tujuan untuk menjaring sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dengan adanya Internet. Internet harus diajarkan pada bangsa indonesia dari sejak dini, suatu kemampuan memanfaatkan internet sama saja kemampuan megoperasikan telepon. Sekarang bagaimana jika ada seorang siswa SMK yang belum bisa mengoperasikan Tepelon? Pasti anda merasa aneh.

Untuk kelanjutan kemampuan mengelola fasilitas komputer, serta perawatan fasilitas tersebut harus dengan biaya dan terampilnya SDM.

Sertifikasi Standar

Dengan melakukan pengujian dapat mengetahui seberapa tingkat kemampuan seseorang. ITB dan APJII dapat bekerja sama untuk membuat standar sertifikasi di bidang IT, dan khusunya untuk tenaga kerja di Penyedia Jasa Internet (PJI). Walaupun yang pokok sudah dijalankan, namun standar khusus yang lain juga harus dikembangkan. Untuk standar sertifikasi ini ada hubungannya dengan kurikulum, maka juga perlu dikembangkannya kurikulum yang mendukung standar sertifikasi tersebut.

Demikian itulah ilmu yang bisa sampaikan, ini juga hasil dari saya mencari informasi ke semua pihak semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Incoming search terms:

  • sdm it indonesia
tags: , ,

Related For Bagaimana Ide Persiapan SDM IT Indonesia