Bagaimana Komputer Terhubung dengan Jaringan ?

Wednesday, January 7th 2015. | Jaringan, Komputer
Sponsored Links

Sobat – sobat dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan atau menuliskan untuk anda semua yaitu bagaimana sebuah komputer bisa terhubung ke dalam jaringan internet.

Sebenarnya untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam jaring internet itu tidak mudah bagi pemula tapi anda juga harus ingat semua hal yang tidak mudah kita juga harus tetap beranggapan itu tidaklah sulit. Maka di buat santai aja kalau kita menganggap mudah pasti kita akan bisa namun jangan sampai juga kita menggampangkan semua hal karena jika kita menggampangkan atau meremehkan suatu hal maka kita juga yang akan terkena akibatnya.

cara komputer terhubung jaringan

cara komputer terhubung jaringan

Sorry jadi nulis bukan pembicaraan kali ini, nah langsung saja ya sobat. Sebelum kita ke pengaturan atau yang lainnya untuk menghubungkan kejaringan internet, kita perlu yang namanya menginstall terlebih dahulu. Tanpa kita menginstall maka kita tidak akan bisa mengatur ataupun mengoperasikan aplikasi.

Sebenarnya kita tidak hanya menginstall perangkat dan mengatur pengaturannya melainkan banyak hal yang harus kita lakukan, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

  • Jenis Media Penghubung

Media penghubung merupakan suatu media berupa fisik yang mempunyai fungsi yaitu untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam jaringan internet maupun menghubungkan ke beberapa komputer yang lain. Media penghubung sendiri juga mempunyai dua jenis yaitu dengan perantara kabel dan tanpa perantara kabel tau biasa di sebut dengan wireless.

 

Contoh media penghubung dengan menggunakan kabel yaitu STP, UTP, Coaxial serta Fiber Optik. Sedangkan contoh untuk media penghubung tanpa kabel atau wieless yaitu wiFi dan modem. Walaupun modem ada yang menggunakan kabel namun modem termasuk jenis media penghubung wireless. Satu hal yang harus kita ketahui sebelum kita menghubungkan komputer ke jaringan yaitu kita harus mengetahui media penghubung yang kita gunakan untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan.

  • Jenis Interface

Nah jika kita telah mengetahui media penghubung apa yang kita gunakan langkah selanjutnya yaitu bagaimana caranya perangkat itu terhubung ke komputer agar mengetahui sudah terdeteksi dengan penghubung yang tadi atau belum. Caranya yaitu dengan Network interface.

Untuk menghubungkan media penghubung kita sangat dan sangat memperlukan yang namanya Network interface,guna untuk perantara komputer dengan penghubung kabel maupun penghubung tanpa kabel. Tanpa adanya Network interface dalam komputer kita, di jamin komputer kita tidak akan bisa terhubung ke jaringan manapun. Walaupun kita menggunakan media penghubung kabel ataupun menggunakan media penghubung tanpa kabel atau wireless. Dalam media penghubung dengan kabel sering di sebut dengan Network – adapter sedangkan untuk penghubung tanpa kebel atau wireless di sebut dengan wiFi – adapter.

  • Pengaturan Konfigurasi Terkait

Setelah dua langkah di atas telah kita kerjakan kita hanya perlu satu langkah lagi agar komputer kita bisa berkontribusi dengan jaringan. Walaupun komputer kita sudah terhubung dengan jaringan, tetapi komputer kita belum mempunyai alamat identitas maka komputer kita belum bisa berkontribusi dengan jaringan. Ada dua jenis alamat yaitu mac address dan IP address. Alamat mac address kita tidakperlu lagi mengatur alamatnya karena mac address sudah di atur dari sananya (dari pabriknya). Sedangkan IP address mempunyai dua cara yaitu dengan manual (statis) ataupun dengan otomatis (dinamis). IP address dengan manual berarti kita mengisikan alamat Network yang tersambung, sedangkan IP address dengan otomatis berarti kita tidak perlu mengisikan alamat Network yang tersambung dan kita bisa langsung terhubung dengan internet.

Jadi jika kita ingin terhubung dengan internet maka kita harus melakukan tiga cara di atas dengan benar. sekian ya sobat semoga membantu.

Incoming search terms:

  • jelaskan bagaimana komputer dapat terhubung dengan internet
  • jelaskan apa yang harus dilakukan agar sebuah komputer dapat terhubung dalam sebuah jaringan
  • bagaimana komputer dapat terhubung dengan internet
  • jika komputer tidak terhubung dengan jaringam apa yang harus di lakukan
  • bagaimana komputer bisa terhubung dengan internet
  • bagaimana cara mendeteksi jaringan sudah baik atau tidak
tags: , , , ,

Related For Bagaimana Komputer Terhubung dengan Jaringan ?