Bagian-Bagian RAM beserta Fungsinya

Friday, February 27th 2015. | Hardware
Sponsored Links

R

PC atau sering disebut Komputer juga mempunyai memori yang dinamakan RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory, komponen yang sangat penting dalam komponen salah satunya RAM yang merupakan HARDWARE atau Perangkat Keras. Adapun fungsi RAM yaitu sebagai tempat semua file-file atau data dalam komputer sebelum data diproses di prosessor hanya sementara.

Biasanya banyak orang menyebutnya memori komputer, umumnya mengacu pada memori yang paling utama adalah RAM. Memori atau RAM berfungsi melayani dan mendukung ketersediaan data mentah saat prosessor melakukan proses pengolahan data atau komputing. Maka, semua proses komputing tidaa akan bisa berjalan tanpa adanya memori.

Dengan berkembangnya kemampuan prosessor yang sangat pesat dan tentu harus diimbangi dengan berkembangnya kemampuan memori. Berperan sebagai penampung data atau informasi yang dibutuhkan oleh prosessor ditambah sebagai penampung hasil perhitungan yang dilakukan oleh prosessor, peranan memori yang mampu dalam mengelola data sangatlah penting. Sistem PC dengan prosessor yang tinggi sangat percuma apabila tidak diimbangi dengan kemampuan memori yang sepadan.

Penyebab ketidak efisiensi bagi keduanya apabila ketidak tepatan perpaduan kemampuan prosessor dengan memori. Untuk mengetahui bagian-bagian komputer, maka bacalah yang dibawah ini :

Printed Circuit Board (PCB)

Warna yang ada di papan PCB ini biasanya berwarna hijau. Tempat beberapa komponen chip memori terpasang. Susunan beberapa lapisan (layer) yaitu di PCB ini sendiri. Di setiap lapisan terpasang sirkuit atau jalur, sebagai pengaliran listrik dan data. Secara materi, semakin banyak jumlah layer yang digunakan oleh PCB memory, maka akan semakin luas penampang yang tersedia dalam perancangan jalur. Semua ini dapat memungkinkan lebar jalur dan jarak antar jalur dapat diatur dengan lebih leluasa, serta menghindari adanya noise interferensi antarjalur pada PCB. Dan dilihat dari keseluruhan akan membuat modul memori tersebut mengalami kestabilan dan kecepatan kinerjanya.

Contact Point

Bagian yang menghubungkan informasi antara motherboard ke modul memori adalah bagian ini. Sering disebut juga contact finger, edge connector, atau lead. Biasanya konektor ini dibuat dari emas atau tembaga. Karena emas memiliki konduktifitas yang lebih baik, tetapi konsekuensinya dengan harga yang lumayan mahal. Dua logam yang berbeda, serta dengan aliran listrik saat komputer dioperasikan kemungkinan akan terjadi reaksi korosif.

DRAM (Dynamic Random Access memory)

DRAM berasal dari beberapa komponen dengan bentuk kotak-kotak yang berwarna hitam lalu dipasangkan pada PCB. DRAM hanya menampung data dalam jangka waktu yang singkat dan harus di-refresh secara periodik.

Chip Packaging

Istilah dalam bahasa indonesianya adalah kemasan chip, yang merupakan lapisan luar untuk membentuk fisik dari masing-masing memory chip. Khusus pada modul memory DDR yang paling sering digunakan yaitu TSOP (Thin Small Outline Package).

Dual In-Line Package (DIP)

Bagian chip yang satu ini hanya digunakan saat memori terinstal langsung pada PCB motherboard. Terpasang pada PCB melewati lubang-lubang yang tersedia untuk kai/pinnya, itulah sebanya DIP termasuk golongan komponen through-hole.

TSOP (Thin Small Outline Package)

Bagian ini termasuk dalam komponen surfacemount. Bentuk dan ukuran fisiknya yang sangat tipis dan kecil tidak sesuai dengan namanya.

CSP (Chip Scale Package)

Apabila bagian komponen yang diatas menggunakan kaki/pin sebagai penghubung BGA (Ball Grid Array) yang tempatnya di bawah komponen.

 

tags: , ,

Related For Bagian-Bagian RAM beserta Fungsinya