Bahaya Radiasi Layar Komputer Bagi Manusia

Tuesday, August 11th 2015. | Komputer
Sponsored Links
Bahaya Radiasi Layar Komputer Bagi  Manusia

Bahaya Radiasi Layar Komputer Bagi Manusia

Kehebatan komputer pada zaman sekarang ini memang sudah tidak diragukan lagi bentuk layar atau monitornya yang semakin tipis maka semakin tinggi pula radiasi cahaya yang ditampilkan oleh layar,namun dapat diatur seberapa terang cahaya yang dipantulkan sesuai keinginan anda.

Walaupun demikian radiasi yang ditimbulkan komputer bagi kesehatan masih banyak dampak buruknya ketimbang dampak baiknya terutam radiasi yang diakibatkan oleh cahaya komputer.
Mau tau apa saja radiasi buruk yang dimiliki layar monitor??kali ini saya akan membahas beberapa efek buruk yang ditimbulkan oleh layar monitor bagi manusia.

Monitor, atau dengan istilah lain bisa disebut VDU(Video Display Unit) merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit komputer.Fungsi monitor sendiri ialah memperagakan data atau proses yang terjadi pada CPU secara visual.Proses yang terjadi dalam CPU(Central Proccesing Unit)dikonversikan oleh suatu”Adapter Vide/Video Board”dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung kemonitor.

Monitor yang memakai sistem CRT(Cathode Ray Tube)cara bekerjanya dengan memancarkan elektron-elektron.Elektron-elektron ini menyapu layar dari kiri kekanan dengan jalur-jalur dari atas kebawah dalam pola yang disebut”Raster”CRT atau yang lebih umum disebut Tabung Sinar Katoda merupakan tabung pembungkus yang dibuat dari kaca dan mengandung satu suasana penembak elektron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang akan diarahkan pada layar fluoresen,bila berkas tersebut terkena cahaya,maka layar mengeluarkan sinar dengan gelombang yang panjang.Pancaran elektron ini menimbulkan cahaya yang terang, dan masih banyak lagi efek-efek yang bisa menimbulkan cahaya ini semakin terang dan pancaranya yang berfariasi.

Berdasarkan efek cahaya yang ditimbulkan diatas entah itu terlalu banyak komponen yang menimbulkan semakin banyaknya cahaya yang dipancarakan akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia yang cukup berbahaya,diantaranya:
•Ganguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi VDU,antara lain:katarak,dermitis,epilepsi dan yang lebih parahnya lagi cacat bawaan pada bayi.

•Katarak,adalah gangguan pada pengelihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata biasannya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultra violet, jika tidak segera ditanggulangi kekeruhan pada mata akan terus bertambah.

•Dermatitis pada muka merupakan ganguan yang biasanya timbul pada kulit wajah  yaitu kulit yang kemerah-merahan akibat penggunaan komputer yang terlalu lama kira-kira 2-6 jam dan pada tempat yang tingkat kelembabanya rendah,setelah terjadi kemerahan,kemudian terjadi pengelupasan kulit ari dan timbulah benjolan pada kulit.

•Dermitis ini terjadi akibat adanya medan magnet antara monitor dengan operator.Medan elektromagnet menyebabkan partikel-partikel yang melayang diudara menempel pada kulit,sehingga menimbulkan iritasi pada kulit karena yang berhadapan langsung dengan komputer adalah muka dan mata.

Incoming search terms:

  • Jelaskan bahwa radiasi sinar monitor bisa berdampak buruk terhadap kesehatan manusia
tags: , ,

Related For Bahaya Radiasi Layar Komputer Bagi Manusia