Beberapa Hal Yang Mengakibatkan File Video Tidak Dapat di Putar

Tuesday, March 10th 2015. | Blog, Komputer, Software
Sponsored Links

index

Suatu ketika jika anda mendownload video baru dari internet atau mendapatkan video baru dari teman (copy). Setelah anda mendapatkanya, lalu anda pulang dan ingin bergegas menontonnya, namun tidak disangka ketika itu juga ternyata videonya tidak dapat diputar. Pasti kalian benci dengan itu semua. Maka sekarang ini mari kita bahas tentang factor apa saja yang membuat video tidak dapat diputar. Berikut penjelasanya :

  • Karena Codec-nya Tidak Ada Yang Tepat

Apakah anda tahu codec itu apa? Codec itu merupakan suatu program software yang berguna sebagai pengkompresi dan pendekompresi suatu file. Prakteknya, saat file multi media datang atau masuk maka codec mulai bekerja dengan melakukan kompresi agar ukuranya sesuai dengan kompatibel komputer kita dan agar tidak terlalu besar. Selain itu juga, ketika ingin diputar, maka codec akan bekerja lagi dengan melakukan dekompresi file yang diputar tadi.

Namun perlu anda waspadai bahwa belum tentu semua media player video mempunyai codec ini. Seandainya saja memiliki codec, tetapi tidak sesuai dengan video yang ingin kita putar, maka video juga tidak akan bis diputar.

Maka cara mengatasi permasalahan yang berikut ini anda perlu memilih media player yang memiliki codec yang cocok. Oleh karena itu menurut saya ada beberapa media player yang cukup bagus memiliki codec yaitu sebagai berikut :

  1. Windows Media Player Classic (WMPC)

Anda bisa mendownload media player WMPC ini di internet. Karena, media player WMPC bisa menambahkan codec ke WMP default yang anda punya. Sebab, WMP default ini memiliki format video yang banyak. Tetapi jika tidak ingin menggunkan WMP default, anda juga bisa menggunakan WMPC untuk memutar videonya.

  1. Dengan Real Player

Kesukaan saya yang kedua adalah real player, karena video yang tidak bisa diputar dengan WMPC, saya coba memutarnya dengan real player ternyata bisa. Tetapi anda harus membukanya video itu dengan aplikasi rela player.

Anda dapat mencari real player ini di internet, dan ada dua pilihan yaitu ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Namun, menurut saya yang gratis sudah cukup baik.

  1. Quick Time

Jangan heran dulu, ternyata quick time juga dapat digunakan sebagai media player. Dan anda juga dapat mendapatkanya dari internet dengan mudah.

  • Karena File nya Corrupt

Penyebab video tidak bisa diputar yang kedua adalah file video yang anda download atau copy ternyata corrupt. Apabila file nya sudah corrupt maka otomatis tidak akan bisa diputar. Maka cara mengetahui file yang anda download atau minta itu corrupt atau tidak dengan coba anda periksa file size yang berada di website penyedia file tersebut sama tidak dengan file size yang sudah anda download. Jika punya anda lebih kecil daripada yang aslinya, berarti file itu corrupt.

Yang terakir ini jika anda sudah yakin benar bahwa file anda tidak corrupt atau tidak ada masalah yang lain tetapi kok masih tidak bisa dibuka, maka jalan alternatifnya anda harus mengubah format video tersebut. Maka hasilnya pasti bisa di buka atau diputar.

Demikian sedikit pengetahuan untuk anda tentang penyebab video tidak bisa diputar. Semua itu dikembalikan kepada anda sendiri. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

  • Kenapa video tidak bisa diputar
  • kenapa video tidak dapat diputar
  • penyebab video tidak bisa diputar
  • cara mengatasi video tidak bisa diputar
  • video tidak bisa diputar
  • kenapa video tidak bisa diputar di windows media player
  • mengapa video tidak bisa diputar
  • kenapa video
  • video tidak dapat diputar
  • kenapa video tidak bisa dibuka di laptop
tags: , , , , , ,

Related For Beberapa Hal Yang Mengakibatkan File Video Tidak Dapat di Putar