Beberapa Tips Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi Atau Tidak Terkoneksi Bagian 1

Saturday, March 28th 2015. | Aplikasi, Blog, Hardware, Internet, Jaringan, Tutorial
Sponsored Links

Cara Mengatasi Jaringan LAN Tidak TerdeteksiBeberapa Tips Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi Atau Tidak Terkoneksi – Ada banyak masalah yang pastinya dapat dijumpai pada jaringan LAN contohnya sperti masalah yang terjadi pada gangguan komputer itu sendiri, masalah pada jaringan LAN mengalami gangguan, koneksi jaringan global juga mengalaminya, dan lain sebagainya.

Sebelum menuju lebih jauh tentang mengatasi masalah pada koneksi LAN. Maka terlebih dahulu pastikan aplikasi yang digunakan apakah telah tersambung dengan server maupun komputer lain yang juga menggunakan LAN. Atau bahkan aplikasi yang digunakan merupakan aplikasi sederhana yang jalan di komputer lokal yaitu stand alone.

Bisanya aplikasi yang banyak digunakan adalah aplikasi dengan model client server. Yang mana aplikasi dengan model tersebut akan membutuhkan jaringan data tujuannya supaya komputer klien dapat terkoneksi dengan server. Masalah yang paling umum di jumpai adalah koneksi antar server biasanya sering terjadi keterputusan atau tersendat.

Beberapa cara mengatasi jaringan LAN yang tidak terdeteksi atau tidak terkoneksi

Untuk langkah awal atau dasar dalam mengecek masalah jaringan adapter ini, adalah mengecek sambungan kabel. Para pengguna terkadang tidak menyadari pada masalah seperti ini, dengan demikian pastikan dengan baik posisi kabel telah tercolok atau tersambung dengan sempurna. Setelah memasttikan pemasangan kabel, kemudian hal yang perlu di perhatikan yaitu memastikan lampu LED pada NIC dengan keadaan menyala.

Jika keadaan lampu LED tidak menyala, maka pada port switch atau hub dapat di cross cek lampu LED-nya. Dengan begitu langkah awal adalah melakukan Shutdown (jangan hanya restart) karena akan lebih efektif dalam melakukan refresh jika kita melakukan shutdown kemudian ditunggu beberapa menit, sehingga dengan demikian aplikasi client server akan tarbangun kembali dan akan mensinkronasi kembali. Apabila sampai disini masalah teratasi maka jaringan LAN sudah bisa digunakan kembali seperti awalnya.

Namun apabila belum, maka ada beberapa hal yang diperlu diperhatikan dan diketahui. Berikut ini penjelasan Beberapa Tips Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi Atau Tidak Terkoneksi:

  • Cek kegagalan dalam kabel jaringan

Pada umumnya para user yang masih awam dengan komputer tidak mengetahui atau menyadari bahwa kabel belum tercolok atau tersambung dengan sempurna. Dengan demikian yang perlu dilakukan yaitu mengecek koneksi kabel data, jika dari jauh atau si user sudah tersambung maka perintahkan para user untuk menekan konektor dari kabel data tujuannya supaya kabel data dapat tercolok atau tersambung dengan sempurna.

Silahkan melanjutkan membaca pada Beberapa Tips Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi Atau Tidak Terkoneksi Bagian 2

.

Incoming search terms:

  • koneksi lan tidak terdeteksi
  • cara mengatasi jaringan lan yang tidak konek
  • jika jaringan lan tidak terdereksi
  • mengapa perlu koneksi antar bgian komputer
tags: , , , ,

Related For Beberapa Tips Mengatasi Jaringan LAN Tidak Terdeteksi Atau Tidak Terkoneksi Bagian 1