Beberapa Usaha yang Bisa Dilakukan pada Windows 8.1 sebelum Harus Install Ulang

Friday, December 23rd 2016. | Tutorial
Sponsored Links

8.1Komputer bisa dioperasikan oleh user lantaran ada sistem operasi yang membantu mempermudahkannya. Sistem operasi komputer ini sering kali menjadi sasaran utama bagi virus untuk menginfeksi sistem itu sendiri hingga bahkan program – program yang sudah terpasang pun jadi korbanya.

Pemasangan antivirus adalah solusi yang terbaik untuk melindungi sistem dari ancaman virus. Namun antivirus yang tidak pernah di update terkadang malah menjadi sarang yang nyaman bagi virus. Jika sistem sudah jebol dan berhasil diobrak abrik maka langkah terakhir yang harus dilakukan oleh user adalah install ulang.

Install ulang adalah memasang kembali sistem operasi dan mengganti yang lama. Install ulang bisa memberikan sistem yang lebih fresh, virus yang ada pada sistem sebelumnya juga bisa ikut lenyap bersama sistem operasi yang lama. Namun sayangnya jika melakukan install ulang, data yang ada pada local drive C: juga akan ikut terhapus secara permanen. Sungguh sayang jika pada drive tersebut ada data penting yang ikut terhapus.

Kabar gembira bagi pengguna windows khususnya windows 8.1, ada beberapa usaha yang bisa dilakukan pada windows 8.1 sebelum install ulang, diantaranya adalah:

  1. System Restore

Sesuai dengan namanya, system Restore ini bekerja mengembalikan windows ke keadaan pada waktu tertentu sebelum windows mengalami masalah. Contoh ketika kamu memasang program baru di komputer, setelah selesai pemasangan ternyata komputer sering mengalami crash, macet, mati tiba-tiba dan lain sebagainya.

Dengan system restore ini, windows akan dikembalikan ke keadaan dimana windows belum mengalami keadaa crash tersebut. Ini seperti kembali ke masa lalu. Namun system restore ini tidak akan bekerja apabila kamu tidak membuat restore point sebelumnya.

Windows sebenarnya juga mampu menciptakan resoter pointnya sendiri namun jika kamu mengembalikan keadaan windows ke restore point tersebut, windows akan kembali ke kondisi dimana kamu belum menginstal aplikasi apapun ke dalam komputer.

  1. Windows refreshrefresh

Fitur baru dari windows 8.1 ini sangat cocok untuk mengembalikan keadaan windows yang pernah terserang virus atau malware. Windows refresh mampu membersihkan virus dan malware tersebut. Jika kamu melakukan refresh terhadap windowsmu, maka windowsmu akan dikembalikan ke keadaan defaultnya. Ini berarti semua aplikasi yang kamu install baik dari disk maupun dari website akan dihapus. Namun aplikasi atau program yang telah dihapus tersebut tidak hilang begitu saja. Windows akan menyimpan program tersebut di desktop. Jadi ketika kamu bisa menginstalnya kembali jika kamu ingin.

  1. Windows resetreset

Windows reset bekerja seperti windows refresh. Namun bedanya windows reset akan menghapus semua data personal kamu dan setingan PC akan dikembalikan ke defaultnya. Jadi sebelum melakukan reset sebaiknya kamu membuat back upnya terlebih dahulu.

  1. Install ulang

Jika usaha – usaha di atas sudah dilakukan namun tidak berhasil mengembalikan windowsmu ke keadaan yang normal. Maka usaha terakhir adalah install ulang. Ada dampak positif dan negative melakukan install ulang. Install ulang sebenarnya baik tapi jangan terlalu sering agar hardware khususnya hardisk tidak rusak.

tags: , , ,

Related For Beberapa Usaha yang Bisa Dilakukan pada Windows 8.1 sebelum Harus Install Ulang