Belajar Dari Motherboard Part 3 Port

Wednesday, June 7th 2017. | Hardware
Sponsored Links

Melilhat bagian-bagian pada Motherboard seakan seperti melihat onggokan barang-barang yang menumpuk dalam gudang. Begitu banyak komponen yang tersusun diatasnya. Masing-masing komponen tersebut saling bersinergi dalam dalam satu unit papan pcb.

Pusat dari semua unit tersebut ada pada prosesor. Prosesor dapat terhubung pada semua komponen lain pada motherboard melalui socketnya. Socket prosesor memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut didsarkan atas tiga hal, yang pertama teknologi prosesornya, yang kedua Kebutuhan tegangan dan arus dan yang terakhir Perbedaan jumlah transistor.

Semakin tinggi teknologi yang dibawa oleh prosesor, maka peripheral atau perangkat keras yang lain juga harus disesuaikan dengan teknologi prosesor tersebut. Jika anda berencana merakit komputer dengan socket prosesor LGA 1155 maka anda harus menggunakan prosesor dari core family. Anda bisa menggunakan core i3 ataupun core i3. Dan untuk peripheral pendukungnya anda harus menggunakan RAM DDR3 untuk bisa mendukung prosesor tersebut agar bisa bekerja dengan optimal.

Slot yang terdapat pada motherboard saat ini juga sudah berbeda dengan slot pada motherboard yang menggunakan prosesor Pentium generasi ke IV. Slot seperti slot RAM masih menggunakan slot SIMM atau single in line memory module. Untuk grafis ada yang menggunakan AGP ataupun ISA. Namun untuk teknologi yang terbaru, motherboard kini menggunakan slot DIMM untuk memory RAMnya dan slot PCI atau PCI express untuk kartu grafis ataupun karu suaranya.

port

port

Namun yang tidak banyak berubah pada motherboard dari masa ke masa adalah portnya. port dalam sebuah motherboard adalah tempat untuk menghubungka perangkat eksternal ke motherboard, contohnya adalah port USB, port LAN, port audio dan lain sebagainya. jika anda masih memiliki komputer dengan prosesor Pentium generasi IV atau komputer dual core coba anda perhatikan port dibagian belakang casingnya. Disana anda akan menemukan kesamaan dari tiap-tiap port.

Masing-masing port memiliki fungsinya tersendiri. Misal port mouse PS2 dan port keyboard Ps2. Meskipun bentuk portnya sama atau bisa dikatakan hampir sama namun fungsi dari keduanya tidak bisa ditukar satu sama lain. Misal anda ingin mencoba port mouse PS 2 untuk keyboard meskipun bisa ditancapkan namun dapat dipastikan keyboard anda tidak akan berfungsi pada komputer begitu pula sebaliknya.

tags: , ,

Related For Belajar Dari Motherboard Part 3 Port