Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer | Bagian 1

Thursday, July 13th 2017. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Dari tahun ke tahun seiring perkembangan teknologi khususnya komputer, monitor juga mengikuti perkmbangan tersebut. Monitor merupakan komponen penting yang harus ada pada suatu perangkat komputer atau PC. Tanpa adanya monitor, jelas dan pasti komputer tidak berkerja dengan baik karena tidak akan menampilkan hasil gambar dari CPU.

Selain menjadi peranan penting pada perangkat komputer, Monitor sendiri memiliki fungsi yaitu menampilkan kerja komputer yang mana cara melakukannya dengan cara mengambil hasil gambar dari dalam komputer yang kemudian ditampilkan pada monitor.

Tanpa adanya monitor, kita juga akan kerepotan jika pekerjaan kita harus menggunakan komputer. Karena sangat pentingnya peran monitor pada komputer maka kita harus belajar mengenal jenis-jenis monitor komputer.

Berikut Jenis-jenis Monitor Komputer dan Gambarnya:

  • Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

    belajar-mengenal-jenis-monitor-komputer-CRT

    Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Biasanya orang menyebut Monitor CRT yaitu jenis monitor tabung. Monitor CRT merupakan monitor yang menggunakan media tabung sinar kadota. Untuk layar Monitor CRT terbuat dari tabung hampa. Antara Monitor CRT dengan televisi tabung cenderung mirip. Cara kerja dari Monitor CRT adalah dengan cara dipancarkannya sinar elektron pada sebuah titik-titik kecil di layar. Sinar elektron tersebut apabila di perkuat maka akan menampilkan sisi yang terang, dan untuk menampilkan sisi yang gelap maka sinar tersebut di perlemah. Kelebihan dari Monitor CRT ini adalah harganya yang murah daripada jenis monitor yang lainnya. Kekurangan dari jenis monitor ini adalah ukurannya yang sangat besar dan lebar, sehingga harus diletakkan pada tempat yang memakan cukup luas.

  • Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

    belajar-mengenal-jenis-monitor-komputer-LCD

    Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Berbeda dengan jenis Monitor CRT yang mana menggunakan tabung hampa, akan tetapi Monitor LCD menggunakan media cairan kristal. Cara kerja Monitor LCD yaitu dengan cara dipancarkannya sinar melalui cairan kristal, kemudian memancarkan secara elektrik hingga akan membentuk sebuah panel-panel kecil yang datar. Dari segi bentuk teknologi yang digunakan pada jenis monitor LCD yaitu teknologi Flat Panel Display atau monitor berlayar datar. Kemampuan resolusi pada jenis Monitor LCD ini lebih tinggi daripada jenis Monitor CRT. Baca juga Kelebihan Monitor LCD dan Kekurangan Monitor LCD.
silahkan melanjutkan membaca Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer | Bagian 2

tags: , , , , , ,

Related For Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer | Bagian 1