Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer | Bagian 2

Tuesday, December 13th 2016. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links
  • ┬áMonitor LED (Light Emitting Diode)

     Monitor LED (Light Emitting Diode)

    Monitor LED (Light Emitting Diode)

Ada kemiripan bentuk dari jenis Monitor LCD dengan Monitor LED, namun Monitor LED cenderung lebih ramping. Monitor LED menggunakan sebuah emisi cahaya untuk memunculkan tampilan pada layar. Teknologi yang digunakan Monitor LED yaitu teknologi Backlight. Monitor LED dalam mengeluarkan cahaya lebih efisien. Kelebihan dari Monitor LED yaitu pada segi konsumsi daya listrik lebih hemat dibandingkan Monitor LCD. Kekurangan dari jenis monitor ini adalah harga yang lebih mahal daripada jenis Monitor LCD.

  • Monitor Plasma Gas

    Monitor Plasma Gas

    Monitor Plasma Gas

Monitor Plasma Gas merupakan monitor yang mana digunakannya gas neon atau xenon yang kemudian diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas teraliri listrik sehingga memberi reaksi yang berupa penciptaan pixel. Teknologi gabungan antara CRT dengan LCD sehingga menjadikan Monitor Plasma Gas ampak lebih baik. Hal ini juga menjadikan pada ketipisan dari Monitor Plasma Gas mirip seperti Monitor LCD. Kelebihan dari jenis Monitor Plasma Gas yaitu display plasma yang hampir meyerupai Monitor CRT, sehingga plasma tidak menunjukkan gambar yang kabur, yang terjadi pada umumnya seperti di Monitor LCD, dan reproduksi warna yang sangat baik. Kekurangan dari jenis monitor ini adalah ukuran monitor yang harus besar dan memiliki bobot yang sangat berat, dan konsunsumsi daya yang tinggi.

  • Monitor OLED (Organic Light Emitting Diode)

    Monitor OLED (Organic Light Emitting Diode)

    Monitor OLED (Organic Light Emitting Diode)

Dibandingkan dengan jenis Monitor LCD, Monitor OLED ini merupakan jenis monitor yang ramah lingkungan. Karena ketika Monitor LCD dinyalakan dengan menggunakan cairan tabung-tabung fluorescent, maka akan terbentuk uap merkuri (air raksa) yang meliki tekanan rendah. Uap merkuri (Hg) ini merupakan produk yang bisa dibilang berbahaya, karena jika dibuang begitu saja akan dapat mencemari lingkungan sekitar. Berbeda dengan yang digunakan Monitor OLED, yang mana dimanfaatkannya teknologi diode sehingga dapat menggantikan neon fluorescent. Pada tahun 1979 lalu, teknologi OLED di temukan oleh perusahaan Eastman Kodak, Dr. Ching W. Tang. Pada tahun 2005 riset Indonesia mulai mengenal teknologi OLED. Kelebihan dari Monitor OLED ini adalah memiliki jangkauan wilayah warna yang luas, tingkat terang, dan tampilan sudut pandang yang sangat lah luas. Kekurangan dari jenis monitor ini harga produk yang sangat mahal sehingga belum dapat terjangkau oleh kalangan umum.

Demikian ulasan artikel tentang Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

tags: , , , , , , ,

Related For Belajar Mengenal Jenis-jenis Monitor Komputer | Bagian 2