Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 1 Memasukan Data

Tuesday, December 15th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Microsoft Office Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh Microsoft. Aplikasi ini biasanya sudah termasuk dalam satu paket penjualan produk Microsoft Office. Namun saat ini Microsoft juga memberikan layanan kepada para pelangganya untuk mendapatkan aplikasi Microsoft Excel ini secara terpisah dengan harga khusus.

Aplikasi Microsoft Office ini pada awalnya adalah aplikasi yang harus di install di komputer sebelum aplikasi ini dapat digunakan. Namun pada perkembangan internet of things ini, kini Microsoft juga memberikan layanan untuk mengakses aplikasi Microsoft Office secara Online.

Jadi layanan online yang diberikan oleh Microsoft ini tidak mengharuskan anda untuk menginstal aplikasi Office di komputer anda. Aplikasi ini bisa anda jalankan asal anda memiliki akun Microsoft dan sambungan internet.

Excel merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft Office Online yang bisa anda coba. Dari segi tampilan dan menu, aplikasi Excel Online ini hampir tidak ada bedanya dengan aplikasi Excel Offline. Berikut pula dengan fitur dan fungsi yang biasa anda gunakan pada Excel offline juga bisa anda gunakan pada Excel Online.

Tutorial yang pertama belajar Microsoft Excel Online adalah memasukan data.

Pertama silahkan anda masuk dulu ke office.com. Setelah halaman muka terbuka kemudian anda harus masuk sign in menggunakan akun Microsoft anda. Jika berhasil masuk pilih aplikasi Excel Online.excel-welcome

Anda kemudian akan dihadapkan pada jendela dengan banyak pilihan template. Pada jendela tersebut sudah disediakan beberapa template namun jika dari pilihan itu anda masih belum menemukan template yang sesuai dengan keinginan anda, anda dapat mencari template yang lain dengan memilih “see more templates” pada bagian paling bawah dari jendela tersebut.

Pilih new blank untuk membuat lembar kerja baru kosong.

Data yang dimasukan ke lembar kerja excel dapat berupa teks, angka, waktu maupun tanggal. Data yang berupa teks secara otomatis akan ditempatkan merapat kekiri sel. Data dengan tipe lain akan ditempatkan merapat ke kanan sel.

Contoh:

Ketikan kata januari, karena “januari” merupakan teks maka akan merapat ke kiri sel

Ketikan angka 2015 karena “2015” bukan merupakan teks maka akan merapat ke kanan sel

Ketikan waktu 13:10, jika angka diketikan seperti ini maka excel akan menganggapnya dengan format waktu.format-penulisan

Jika kita memasukan data yang berupa tanggal atau waktu, excel akan mengenali data yang dimasukan tersebut secara otomatis selama data yang dimasukan dengan format yang benar. Jika format data yang dimasukan salah maka data tersebut akan dianggap angka atau teks biasa.

Untuk mengetahui kesalahan format yang dimasukan benar atau salah cukup mudah. Misal jika anda memasukan data tanggal atau waktu kemudian pada Excel ditampilkan data tersebut merapat ke kiri maka ini menunjukan format data yang anda masukan salah. Excel akan menganggap data yang anda masukan tersebut merupakan teks biasa.

tags: , ,

Related For Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 1 Memasukan Data