Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 4 Angka Desimal dan Nol yang Banyak

Thursday, August 10th 2017. | Tutorial
Sponsored Links

Aplikasi Microsoft Office Excel Online meskipun aplikasi ini berbasis online, namun aplikasi ini juga bisa terintegrasi dengan Microsoft Office Excel Offline. Misal anda sudah membuat pekerjaan pada lembar kerja Microsoft Office Online kemudian anda bermaksud melakukan pengeditan lebih lanjut pada aplikasi Excel yang berbasis offline, maka Microsoft Office Online ini membolehkan anda membukanya pada aplikasi Excel offline dengan cara mengklik tombol pilihan “OPEN IN EXCEL” pada bagian atas toolbar.

Syarat untuk membuka aplikasi Excel Online ini adalah anda harus memiliki versi Microsoft office yang support dengan aplikasi online ini. Jika anda tidak memilikinya maka anda tentu tidak dapat melakukanya. Microsoft Office 2013 merupakan aplikasi yang support dengan aplikasi Office Online ini.

Terkadang memang anda harus mengintegrasikan kedua aplikasi ini untuk mempermudah pengeditan dengan format yang sulit. Kenapa? Karena menu yang terdapat pada toolbar Microsoft Office Excel Online ini tidak sama dengan menu yang ada pada Excel offline. Menu tool adalah salah satunya.

Bagi anda yang terbiasa bekerja dengan menu ini anda mungkin akan kesulitan menemukan menu ini. Microsoft Office Online secara otomatis sudah terdapat menu pengaturan ini. menu tool ini terdapat pada Microsoft office seri terdahulu seperti pada office. Pada Microsoft office 2007, 2010 dan 2013 menu tool ini sudah dihilangkan dari toolbarnya.

Menu ini sangat berguna untuk memasukan data dengan angka decimal dan data dengan nol yang banyak. Nah jika anda sudah pernah bekerja dengan lembar kerja Microsoft office baik 2007, 2010 maupun 2013 tentu anda tidak akan bingung lagi dalam membuat data dengan angka decimal maupun data dengan nol yang banyak.

Cara untuk bekerja dengan angka decimal dan nol yang banyak adalah sebagai berikut:

  • Masukan data pada sel yang anda inginkan

Contoh angka 987654 ingin anda jadikan ke dalam format decimal

  • Pilih number format pada pada ribbon
  • Pilih numbertutorial 4

Kemudian pada sisi kanan number format ada pilihan menu “increase decimal” (untuk menambah angka decimal maksudnya untuk menambah beberapa angka dibelakang koma) dan “decrease decimal” (untuk mengurangi angka decimal)

Perlu diingat, secara default, format decimal yang digunakan pada Microsoft Office Excel ini adalah titik (.) bukan koma (,).

Kemudian tinggal pilih menu increase atau decrease decimal sesuai dengan data decimal yang anda inginkan. Jika increase decimal diklik satu kali maka angka decimal akan bertambah satu, jika diklik dua kali maka angka decimal akan bertambah satu lagi menjadi dua angka decimal. Begitu pula sebaliknya.

Bagaimana cukup mudah bukan cara kerjanya. Tidak jauh beda dengan aplikasi Excel Offline. tetap semangat dan selamat mencoba.

tags: , ,

Related For Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 4 Angka Desimal dan Nol yang Banyak