Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 5 Menyisipkan Baris atau Kolom yang Terlewatkan

Thursday, March 17th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Bekerja dengan Microsoft Office Excel dengan lembar kerja yang panjang terkadang membuat kita kurang teliti disaat memasukan data ke lembar kerja. Tampilan kotak – kotak memanjang inilah yang kadang membuat mata kita kurang begitu jeli melihat setiap kolom atau baris yang banyak.

Sering kali disaat bekerja dengan kolom atau baris yang panjang kita salah atau melewatkan kolom atau baris yang seharusnya diisi dengan data. Dan apabila itu terjadi, sering kali kita dibikin pusing dan harus memulai lagi dari awal. Atau bisa juga disiasati dengan menghapus data yang sudah dimasukan pada kolom yang salah tersebut kemudian memulai memasukan data yang terlewatkan.

Namun cara tersebut sangatlah tidak efisien karena bisa membuang – buang waktu hanya untuk duduk berlama – lama dengan tugas yang tidak kunjung kelar. Selain itu juga sayang, jika data yang sudah kita masukan ke dalam kolom atau baris tersebut sudah banyak sekali data yang sudah di ketik. Tidak mungkin juga kita rela menghapus pekerjaan yang sedemikan banyak itu.

Nah untuk mengatasi atau mensiasati agar hal tersebut tidak terjadi bagi anda yang sedang bekerja dengan Microsoft Office Excel, berikut komputerlamongan.com akan membantu anda untuk berkerja dengan Excel dan mengatasi kolom atau baris yang terlewatkan.

Caranya adalah dengan memilih sel tempat sel, baris atau kolom sebagai tampat untuk data yang ingin disisipkan. Setelah anda menentukan tempat utnuk menyisipkan sel, baris atau kolom tersebut kemudian letakan pointer mouse anda pada tepi paling kiri lembar kerja anda yang terdapat angka 1, 2, 3, 4 dan seterusnya kemudian klik kanan pada mouse anda, pilih insert.

Namun perhatikan ketentuan untuk melakukan insert; jika anda melakukan insert pada sebuah baris, maka akan ditambahkan satu baris baru tepat diatas sel atau baris yang dipilih tersebut. Contoh : anda ingin menyisipkan baris diantara baris no 3 dan no 4. Maka letakan pointernya pada baris no 4, klik kanan pilih insert row. Maka akan ditambahkan satu baris baru diatas baris no 4.

tutorial 5 insert

kemudian satu baris baru akan ditambahkan atau disisipkan ke lembar kerja

tutorial 5 insert row new

Tips: jika anda ingin menyisipkan dua atau lebih baris baru maka dapat anda lakukan dengan cara memilih dua atau lebih baris baru yang ingin anda tambahkan kemudian klik insert maka baris baru akan ditambahkan diatas baris yang anda pilih tersebut. Jumlah baris baru yang anda tambahkan tersebut sebanyak jumlah baris yang anda pilih.

Begitu pula untuk menambahkan kolom dapat anda lakukan dengan cara yang sama, namun untuk menambahkan kolom ini harus dilakukan pada kolom bagian atas yang terdapat huruf A, B, C, D dan seterusnya.

Langkah lain untuk menambahkan sel baik baris maupun kolom adalah dengan memilih menu insert yang terdapat pada Home. Pada menu insert tersebut terdapat lima pilihan:

Insert Rows ( menambahkan baris )

Insert Columns ( menambahkan kolom )

Insert Cells and Shift Right ( menambahkan sel di sebelah kanan sel yang dipilih )

Insert Cells and Shift Down ( menambahkan sel di sebelah bawah sel yang dipilih )

Insert Sheet ( menambahkan lembar kerja baru )

tags: , ,

Related For Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 5 Menyisipkan Baris atau Kolom yang Terlewatkan