Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 6 Mengurutkan Data Lebih Lanjut Bagian 1

Friday, August 11th 2017. | Tutorial
Sponsored Links

Kriteria pengurutan data pada Microsoft Excel

Masih ingatkah anda pada konten tutorial beberapa waktu yang lalu dengan judul “Belajar Microsoft Office Excel Online Tutorial Data Berurutan”. Pada konten tersebut anda diberikan ulasan tentang bagaimana cara mengurutkan data pada Microsoft Office Excel dengan mudah.

Pada konten tersebut anda diberikan trik singkat untuk bekerja dengan data berurutan. Caranya adalah dengan menaruh pinter mouse anda kemudian mendragnya hingga data yang anda inginkan keluar. Cara ini sangat mudah untuk mengurutkan data seperti membuat angka yang berurutan ataupun format angka yang merupakan selisihnya ataupun kelipatanya. Misal ada angka 3, 5, 7, 9 maka dengan cara mendragnya anda akan mendapatkan hasil data berutan sesuai dengan jumlah selisihnya.

Excel mengurutkan data dari kiri ke kanan, karakter demi karakter, dimulai dari angka, kemudian spasi, diikuti symbol – symbol dan terakhir diikuti dengan huruf. Daftar pengurutan karakter oleh excel adalah sebagai berikut : 0 – 9 (spasi) ! “ # $ % & ( ) * , . / : ; ? @ [ \ ] ^ _ ‘ { | } ~ + < = > A – Z dan a – z.

Pada beberapa kasus criteria pengurutan di atas akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Sebagai contoh anda memiliki data dengan nama atau tempat yang mempunyai banyak spasi, maka hasil pengurutan oleh Excel bisa saja tidak sesuai dengan yang anda harapkan.

Contoh :tutorial 6

Jika kita tidak melihat penulisan nama Rudianto, maka kita akan cenderung melihat nama Rudi Salam dan Rudi Yanto. Karena Rudi Salam dan Rudi Yanto mempunyai spasi, maka kedua nama tersebut ditempatkan di atas Rudianto.

Contoh lain ketika kita ingin mengurutkan data yang terdiri dari huruf dan angka. Misal:tutorial 6 contoh 2

Hasil pengurutan data diatas tentu tidak sesuai dengan yang anda harapkan.

Nah, dengan memahami cara kerja Excel dalam mengurutkan data, anda dapat mencegah pengurutan data seperti contoh diatas. Lalu bagaimanakah cara untuk mencegahnya? Caranya adalah dengan menambahkan nol pada saat penentuan dan pemberian nomor kelas.misal X001, X002, X003 dan seterusnya.

Dengan memahami cara kerja dari Excel tersebut, anda akan mendapatkan hasil pengurutan yang benar yang sesuai dengan data yang anda inginkan. Ok sudah cukup dulu pembahasan tentang criteria pengurutan Excel. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktekan agar anda semakin mahir bekerja dengan Excel. Selamat mencoba.

tags: , ,

Related For Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 6 Mengurutkan Data Lebih Lanjut Bagian 1