Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 7 Bekerja dengan Fungsi IF

Wednesday, August 16th 2017. | Aplikasi, Tutorial
Sponsored Links

Fungsi IF merupakan bagian dari fungsi logika. Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menguji nilai atau sebuah kondisi. Fungsi ini akan menghasilkan nilai logika True atau False. Nilai True jika nilai pengujian atau kondisi terpenuhi. False jika nilai pengujian atau kondisi tidak terpenuhi. Selain IF ini sebenarnya juga terdapat fungsi logika yang lain seperti fungsi AND dan OR.

Fungsi IF adalah fungsi logika yang digunakan untuk mengembalikan nilai berdasarkan kondisi yang ditentukan. Sebagai contoh adalah ketika ingin melakukan pengujian untuk mengetahui nilai siswa yang menjadikan siswa tersebut lulus atau tidak lulus terhadap suatu mata pelajaran tertentu. Maka penggunaan fungsi IF ini akan sangat membantu untuk melakukan pengujian terhadap prestasi hasil belajar tersebut.

Misal ada tiga mata pelajaran yang diujikan ke setiap siswa. Siswa dinyatakan lulus jika jumlah dari ketiga nilai mata pelajaran tersebut adalah minimal 25 atau juga bisa lebih besar.

Jika fungsi IF digunakan untuk menentukan nilai seorang siswa lulus atau tidak lulus, maka pada kasusu ini nilai yang dikembalikan oleh fungsi IF adalah “lulus” atau “tidak lulus” dan kondisi yang harus dipenuhi adalah jumlah nilai jujan harus lebih besar atau sama dengan 25.

Rumus pada lembar Excel adalah sebagai berikut:

=IF(logical_test,value_if_ture,value_if_false)

logical_test adalah criteria yang digunakan untuk menentukan nilai yang akan dikembalikan. Pada contoh kasus, criteria yang digunakan adalah jumlah nilai lebih besar atau sama dengan 25.

value_if_ture adalah nilai yang ingin dikembalikan jika kondisi test terpenuhi. Pada kasus diatas, jika kondisi jumlah nilai lebih besar atau sama dengan 25 terpenuhi, maka fungsi IF dapat memberikan nilai “lulus”

value_if_false adalah nilai yang ingin dikembalikan jika kondisi tidak terpenuhi. Dalam kasus diatas, jika kondisi tidak terpenuhi jumlah nilai kurang dari 25, maka fungsi IF akan memberikan nilai “tidak lulus”

misal data yang ingin dilakukan pengujian terdapat pada sel G4, maka dalam lembar Excel fungsi tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

=IF(G4>=25,”lulus”,”tidak lulus”)

Penggunaan tanda kutip di kata lulus dan tidak lulus ditambahkan jika ingin memberikan nilai yang berupa teks. Tanda kutip akan memberitahukan Excel bahwa hasil pengujian yang dilakukan adalah nilai yang berupa teks.tutorial 8

tags: , ,

Related For Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 7 Bekerja dengan Fungsi IF