Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 8 Bekerja dengan Fungsi IF Bercabang

Monday, December 28th 2015. | Aplikasi, Tutorial
Sponsored Links

Fungsi IF yang pernah dibahas pada konten dengan judul “Belajar Microsoft Office Excel Online Tutorial 8 Bekerja dengan Fungsi IF” adalah fungsi IF yang digunakan untuk menentukan nilai dari dua kemungkinan. Namun pada beberapa kasus yang lain, terkadang nilai dari kemungkinan itu bisa lebih dari dua. Kemungkinan bisa saja tiga, empat, lima atau lebih dari itu. Jika nilai kemungkinan tersebut lebih dari dua maka rumus dari IF ini tidak bisa digunakan.

Lalu bagaimana yang bisa dilakukan saat bekerja dengan lembar Excel yang memiliki lebih dari dua kemungkinan?

Jawabanya adalah dengan menggunakan fungsi IF bercabang. Sesuai dengan nama fungsi IF tersebut, fungsi IF bercabang ini digunakan untuk mengetahui hasil pengujian nilai yang memiliki lebih dari dua kemungkinan. logikanya adalah seperti ini, ketika ingin memberikan nilai kepada setiap siswa misal dengan nilai A, B, C, D, E dan seterusnya. Maka setiap criteria nilai yang diberikan tersebut juga memiliki patokanya sendiri. Contoh siswa bisa mendapatkan nilai A jika jumlah nilai yang didapatkan lebih besar dari nilai 90. Kemudian siswa bisa mendapatkan nilai B jika jumlah nilai yang didapatkan lebih dari 80 dan begitu pula seterusnya.

Untuk menentukan nilai siswa dengan ketentuan tersebut, maka harus digunakan fungsi IF bercabang. Menggunakan fungsi IF bercabang dibutuhkan ketelitian dan kemampuan analis yang baik. Karena jika kurang jeli dalam memasukan fungsi tersebut maka hasil yang didapatkan juga tidak akan sesuai dengan harapan.

Contoh:

Siswa akan mendapatkan nilai A, B, C, D dan E jika nilai siswa sesuai dengan ketentuan berikut:

Nilai A jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 90

Nilai B jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 80

Nilai C jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 70

Nilai D jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 60

Nilai E jika nilai siswa lebih besar atau sama dengan 50

Maka pada lembar kerja Excel, dapat dituliskan dengan langkah – langkah di bawah ini:

=IF(D3>=90,”A”, IF(D3>=80,”B”, IF(D3>=70,”C”, IF(D3>=60,”D”, IF(D3>=50,”E”))))

Pada saat semua kemungkinan nilai sudah dimasukan maka harus diakhiri dengan tanda kurung tutup. Jumlah tanda kurung tutup yang ditambahkan sesuai dengan jumlah kurung buka yang sudah diguanakan.tutorial 9

tags: , ,

Related For Belajar Microsoft Office Excel Online | Tutorial 8 Bekerja dengan Fungsi IF Bercabang