Berikut Jenis – Jenis Jaringan Komputer Lengkap Dengan Pengertian, Keunggulan Serta Kekurangannya

Friday, June 2nd 2017. | Jaringan
Sponsored Links

Jaringan komputer adalah susunan dari beberapa komputer yang lebih dari satu dan disusun membentuk suatu jaringan komputer sehingga dapat saling bertukar data atau sumber daya dan juga dapat mengakses informasi melalui internet. Dan adapun tujuan dari jaringan komputer itu sendiri adalah agar dapat meminta dan memberikan layanan atau service. Jika pihak yang memberikan layanan yaitu disebut dengan Server, dan jika pihak yang meminta atau menerima layanan merupakan Client. Jenis Jaringan komputer berdasarkan dengan wilayah cakupannya pada umumnya memiliki 4 macam, diantaranya adalah LAN, MAN, WAN, dan Internet. Dari beberapa jaringan tersebut, yang membedakan adalah cakupan wilayah, area jaringan, perangakat yang digunakan, dan juga keamanannya yang berbeda.

LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network)

Berikut Jenis – Jenis Jaringan Komputer, antara lain :

1.LAN (Local Area Network)

LAN adalah salah satu jenis jaringan komputer yang cakupan wilayahnya kecil atu mencakup satu lokasi. Sedangkan dalam membangun jaringan jenis ini yang diperlukan adalah kabel ,UTP, Hub, Switch, Router, dan yang lainnya. Biasanya jaringan jenis ini digunakan pada satu area seperti di sekolah, warnet, kantor, institusi, dan juga dalam satu rumah. Keuntungan menggunakan jenis jaringan seperti ini adalah hemat biaya, data transfer lebih cepat. Dan ada juga kekurangan dari jaringan jenis ini adalah wilayah cakupnya kecil, cakupan data transfer tidak terlalu luas. Tipe jaringan ini tidak membutuhkan server tersendiri, namun biasanya salah satu komputer yang ada pada area lokal tersebut akan dijadikan Server untuk mengatur jaringan tersebut.

2.MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau disingkat MAN ini merupakan jaringan komputer yang cakupan wilayahnya lebih luas dibandingkan dengan jaringan LAN, dan peralatan yang digunakannya juga berbeda. Tipe jaringan ini biasanya digunakan untuk menghubungkan satu kota dengan kota yang lainnya, dan juga sebagai jaringan mall atau pusat perbelanjaan masa kini yang dapat saling menghubungkan antar kota.

Dengan menggunakan tipe jaringan ini anda dapat mendapatkan keuntungan diantaranya adalah :

  1. Wilayah cakupannya lebih luas dibandingkan dengan LAN.
  2. Cocok untuk mengembangkan bisnis.
  3. Tingkat keamanannya lebih baik.

Adapun kerugiannya antara lain :

  1. Lebih memerlukan banyak biaya.
  2. jika terjadi masalah, untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang cukup lama.

3.WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jenis jaringan komputer yang wilayah cakupannya lebih luas  dibandingkan dengan LAN maupun MAN. Jaringan jenis ini digunakan untuk menghubungkan negara satu dengan negara yang lainnya, maupun penghubung antar benua. Jaringan WAN terdiri dari beberapa jaringan LAN dan MAN. Biasanya jaringan WAN menggunakan kabel jenis Fiber Optic yang ditanam dalam tanah maupun melewati jalur laut.

Keuntungan dari jaringan WAN, antara lain :

  1. wilayah cakupannya lebih luas dibandingkan dengan LAN dan MAN.
  2. Proses berjalannya data/informasi lebih aman dan rahasia.
  3. Cocok digunakan untuk memperluas/mengembangkan bisnis.

Kerugian dari jaringan WAN adalah :

  1. Sangat banyak memerlukan biaya.
  2. Perawatannya lebih ribet/sulit dibandingkan dengan jenis jaringan yang lainnya.

4.Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar di dunia. Internet ini sendiri bersifat public dan menghubungkan satu dunia, sehingga dalam mengakses data atau informasi akan lebih mudah. Bisa disimpulkan Internet ini merupakan kumpulan atau gabungan dari berbagai jenis jaringan komputer yang saling terhubung.

Keuntungan dari jaringan Internet, antara lain :

  1. Dalam hal komunikasi lebih mudah.
  2. Mengakses informasi akan lebih mudah.
  3. Sangat bagus untuk dunia bisnis.

Kerugian dari jaringan Internet, antara lain :

  1. Banyaknya kejahatan dalam dunia maya.
  2. Menjadi sarana transaksi ilegal.
  3. Banyaknya berita yang belum tentu adanya.

Itulah beberapa jenis jaringan komputer berdasarkan dengan jangkauan area geografisnya. Terimakasih telah membaca dari awal hingga akhir. Semoga bermanfaat.

tags: , , ,

Related For Berikut Jenis – Jenis Jaringan Komputer Lengkap Dengan Pengertian, Keunggulan Serta Kekurangannya