Berikut Tips Agar Laptop Tidak Mudah Panas

Thursday, March 26th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Bermain – main dengan laptop di kala senggang merupakan hal yang menarik untuk dilakukan. Namun karena keasyikan bermain, kadang pengguna laptop tidak sadar bahwa laptop yang digunakanya sedang kritis karena terlalu kepanasan akibat pemakaian.overclock

Laptop sebenarnya sudah didesain dengan pendingin udara di dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar laptop tidak mudah panas. Namun karena kesalahan dalam pemakaian atau penggunaan bisa saja sistem pendingin yang dibuat tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal. Wajar saja jika sistem pendingin tersebut sudah tidak mampu mengatasi panas berlebih otomatis laptop mudah panas.

Agar laptop tidak mudah panas saat digunakan, berikut tips yang bisa anda lakukan :

  1. Gunakan laptop di ruangan terbuka atau sirkulasi udara yang baik

Laptop yang digunakan dalam waktu yang lama, akan menghasilkan panas dari dalam komponen yang sedang aktif bekerja seperti prosesor dan RAM. Untuk dapat mendinginkan panas dari dalam laptop tersebut, telah didesain sistem pendingin udara yang menggunakan kipas. Fungsi dari kipas ini adalah menarik udara luar ke dalam laptop sehingga dapat mendinginkan komponen yang panas dan juga mampu mengalirkan udara panas yang keluar dari komponen untuk di alirkan keluar.menggunakan laptop

Nah jika anda menggunakan laptop dalam ruangan tertutup atau ruangan di mana sirkulasi udaranya kurang baik maka kinerja dari kipas yang ada di dalam laptop tersebut tidak akan maksimal. Oleh karena itu sebaiknya gunakan laptop di ruangan yang sirkulasi udaranya lancar. Atau jika di ruangan anda terdapat AC maka itu lebih baik karena akan membantu proses pendinginan.

  1. Gunakan cooling pad

    cooling pad

    cooling pad

Kipas yang terdapat di dalam laptop sebenarnya juga sudah baik sebagai pendingin. Namun jika anda masih belum puas dengan kinerja kipas di dalamnya ada baiknya anda untuk mempertimbangkan menggunakan cooling pad.

  1. Bersihkan lubang sirkulasi udara laptopclean

Lubang sirkulasi laptop ini sangat penting untuk dibersihkan agar aliran udara dari dalam laptop mampu keluar. Jika sirkulasinya lancar maka laptop tidak mudah panas. Sebaliknya jika lubang sirkulasinya maka laptop akan mudah panas.

  1. Gunakan laptop di atas permukaan yang datar dan kuat

Kebanyakan pengguna laptop sering menggunakan laptopnya di atas kasur atau di atas pangkuan yang dikasih guling atau bantal. Kebiasaan seperti ini sebenarnya kurang baik karena permukaan kasur, guling dan bantal tersebut dapat menyumbat lubang sirkulasi udara bawah laptop.diatas kasur

Selain itu debu yang terdapat pada kasur, guling dan bantal tersebut bisa ikut tersedop kedalam laptop sehingga lubang sirkulasi bisa mampat. Oleh karena itu sebaiknya gunakan laptop pada permukaan yang datar dan kuat seperti di atas meja atau jika ingin menggunakanya di atas kasur maka gunakan lapisan datar yang kuat untuk manaruh laptop.

  1. Jangan melakukan overclocking

Overclocking merupakan usaha untuk meningkatkan performa laptop. Namun jika anda kurang begitu mengerti tentang overclocking sebaiknya jangan mengoverclocking laptop karena overclocking dapat menciptakan panas yang bahkan lebih ekstrim. Perlu pendingin yang efektif agar panas tersebut dapat dihindari. Perlu diingat, panas yang diakibatkan oleh overclocking dapat membuat laptop mengalami kerusakan secara permanen.

panas akibat overclocking

panas akibat overclocking

Demikian tips agar laptop tidak mudah panas. Jika anda pernah mengalami laptop yang mudah mudah maka anda dapat menggunakan tips tersebut agar laptop tidak mudah panas.

Incoming search terms:

  • bawah laptop tidak ada sirkulasi
tags: , , ,

Related For Berikut Tips Agar Laptop Tidak Mudah Panas