Cara Melindungi Android dari Virus

Monday, July 17th 2017. | Software, Tutorial
Sponsored Links
android series

android series

Android merupakan sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan handset seperti smartphone dan tablet. Sistem operasi ini adalah buatan google. Sekarang ini sudah hadri versi terbaru dari android yakni android kitkat.

Sistem operasi yang berbentuk seperti wafer coklat ini merupakan versi yang paling canggih dikelasnya. Kendala seperti lemot atupun lelet kini sudah bisa ditangani oleh sistem operasi ini. fitur dan teknologi yang diusungnya juga sudah disesuaikan dengan aplikasi pendukungnya.

Sistem operasi android ini mampu bekerja dan mampu menjalankan aplikasi layaknya sistem operasi pada komputer. Banyak program atau aplikasi baik yang gratis maupun yang berbayar yang bisa di unduh dari toko resminya. Toko resmi untuk mendownload aplikasi android ini disebut dengan play store atau lebih lengkapnya google play store.

Namun sayang, sistem operasi ini juga tidak luput dari cengkraman program jahat atau lebih dikenal dengan virus. Ribuan aplikasi yang bertebaran di storenya juga tak luput dari program palsu yang sengaja di unggah untuk menyebarkan ancaman kepada siapa saja yang mengunduhnya.

Jika program jahat ini terunduh kemudian terpasang pada handset, maka dapat dipastikan keamanan data yang tersimpan pada handset akan teracuni oleh program jahat tersebut. Jika program jahat tersebut sudah meracuni semua sistem maka dampak yang bisa ditimbulkanya adalah kerusakan sistem yang menyebabkan harus menginstal ulang lagi operating sistemnya.

Menginstal operating system bukanlah hal yang paling mengerikan, namun yang paling mengerikan dari program jahat tersebut adalah pencurian data privasi yang tersimpan pada handset. Program jahat yang menyerang sistem operasi android semisal malware, juga mempunyai tipe serangan yang mirip dengan malware yang menyerang sistem operasi pada komputer.

Ketika malware tersebut sudah merasuk ke dalam sistem maka malware tersebut dapat memodifikasi data-data yang tersimpan pada memori handset dan juga dapat merekam setiap username ataupun password yang anda gunakan pada akun pribadi anda. Oleh karena itu anda perlu melakukan pencegahan terhadap program-program jahat agar tidak meracuni handset anda.

Cara untuk melindungi perangkat android dari virus adalah sebagai berikut:

Unduh aplikasi dari toko resmi

Beberapa toko aplikasi resmi android seperti Google Play Store, Amazon, Samsung dan dari toko aplikasi resmi yang disediakan oleh operator seluler. Pada toko resmi,tim pengelola selalu memberikan sertifikasi pada setiap aplikasi yang akan diunggah oleh para pengembang. Jika aplikasi tersebut dianggap berbahaya maka tim pengelola akan menghapus aplikasi tersebut dan akan mencabut sertifikat ke pada pengembang yang mengunggah program jahat.

Waspadai aplikasi yang mencurigakan

Untuk dapat mewaspadai aplikasi yang anda unduh, anda dapat melihat nama perusahaan atau pengembang yang merilis aplikasi tersebut. Misal aplikasi BBM maka dapat dipastikan yang membuatnya adalah dari Blackberry. Jika aplikasi BBM tersebut dibuat oleh pihak asing maka dapat dipastikan aplikasi tersebut adalah aplikasi palsu yang bisa saja merupakan aplikasi yang berbahaya bagi perangkat android anda.

Aktifkan fitur keamanan perangkat

Sistem operasi android sebenarnya sudah memiliki pengaturan untuk mencegah terhadap serangan yang membahayakan. Untuk mengaktifkan fitur ini, bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu setting kemudian ke security lalu ke verify apps. Dengan pengaturan verify apps ini, sistem akan member peringatan ke setiap potensi ancaman yang terdeteksi.

Update Software perangkat anda

Update software merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mendapatkan pembaruan dari Google. Pembaruan dilakukan untuk memperbaiki celah, meningkatkan performa dan menambah fitur baru. Dengan menutup celah maka sistem kemanan perangkat anda akan menjadi lebih aman dari ancaman.

Pasang aplikasi antivirus

Inilah jurus yang paling mujarab untuk melindungi perangkat android dari ancaman virus. Di toko resminya, terdapat banyak aplikasi antivirus yang siap untuk di download. Berberapa perusahaan antivirus besar dan terpercaya seperti Norton, Kasepersky, BitDefender, AVG, Avast bisa di unduh di store.

Nah bagaimana sudahkah perangkat android anda disetting dengan cara seperti yang disebutkan diatas? Jika belum sebaiknya anda mencoba tips di atas agar perangkat android anda terlindungi dari ancaman program jahat. Selamat mencoba.

tags: , ,

Related For Cara Melindungi Android dari Virus