Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

Monday, September 11th 2017. | Komputer
Sponsored Links

Perangkat elektronik adalah salah satu kebutuhan yang bisa di katakan wajib untuk di miliki oleh seluruh manusia di bumi, karena memiliki peranan vital dalam hal membantu pekerjaan manusia agar cepat selesai, mudah dan nyaman. Pasalnya di zaman yang menuntut waktu dan kecepatan dengan bantuan teknologi adalah revolusi yang besar bagi umat manusia di muka bumi ini.

Berbagai piranti dan alat canggih telah menjamah kehidupan manusia. Dari hal sepele sampai yang rumit, sebut saja laptop. Laptop adalah sebuah perangkat yang biasa di gunakan manusia untuk mengetik dan mengerjakan tugas-tugas tertentu, karena memang di desain untuk mempermudah kehidupan manusia agar lebih cepat, mudah dan efisien waktu tentunya.

Namun dalam perkembanganya, laptop telah merubah pandangan manusia, dari yang semula hanya untuk kebutuhan mengetik dan pekerjaan lainya, berubah menjadi piranti penghibur, dan juga untuk mendesain melalui sortware tertentu. Kok bisa? Karena laptop telah di kembangkan dengan di tanami hardware yang tergolong tinggi spersifikasinya.

Sebagai contoh kita pilih laptop untuk desain grafis, sebagai laptop untuk mendesain, maka tak ayal bila laptop yang satu ini di tanami dengan hardware yang berspersifikasi tinggi. Mengapa demikian? Karena laptop grafis harus memiliki tingkat ketajaman warna, kecepatan processor dan juga penyimpanan yang melegakan. Sehingga pekerjaan mendesain menjadi lebih mudah, cepat dan irit waktu tentunya.

laptop untuk desain

Selain hardware yang mendukung untuk mendesain, namun juga harus di perhatikan bahwa laptop yang di gunakan untuk grafis juga harus memiliki desain atau bentuk yang sesuai untuk mempernyaman ketika anda sedang melancarkan hobi anda dalam hal mendesain. Jika anda masih bingung dalam memilih laptop khusus berdesain, maka langsung saja simak di bawah ini.

Cara memilih laptop grafis.

  1. Sesuaikan resolusi layar.

Sebagai laptop grafis, maka grafis atau resolusi laptop adalah sesuaatu yang penting, karena grafis yang akan muncul pada layar kita dapat menentukan kemaksimalan dalam desain atau output warna yang di tampilkn dapat lebih bagus dan akurat. Maka setidaknya untuk laptop grafis harus memiliki tingkat resolusi 1366m X 768. Namun bila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam mendesain, maka usahakan cari dan pilih resolusi layar maksimal yaitu 1600 X 900. Sehingga hasil desain anda, tidak tanggung-tanggung yaitu akan lebih bagus dan akurat ketajaman warnanya.

  1. Pilih grafis card.

Bila anda memang sangat hobi menekuni desain, maka haruslah pandai-pandai dan teliti dalam memilih spersifikasi pada bagian grafis cardnya. Maka dari itu, pilihlah grafis yang memiliki memori besar, sehingga laptop anda tidak akan mengalami lemot apalagi mati mendadak karena grafis cardnya kurang mumpuni.

Sebagai saran, maka saya sarankan untuk memilih grafis card Nvidia GeForce dan juga ATI Radeon, dengan kapasitas memori sebesar 1GB atau 2GB. Selain itu, usahakan untuk mencari dan memilih laptop yang grafis cardnya terpisah dengan RAM, karena kapasitas memori pada Grafis card bisa terbagi ke RAM.

  1. Pilih processor.

Sebagai laptop yang bernotabene sebagai laptop grafis, maka pilihlah laptop dengan GHz ( Giga Hertz ) ang mumpuni. Secara umum, saat ini banyak orang yang memilih mengunakan processor tinggi. Yaitu INTEL CORE I7 atau I5. Selain itu anda juga harus memilih core yang banyak.

Selain INTEL CORE, sebenarnya ada juga opsi pilihan yang lain, yaitu AMD seri A. karena memiliki kualitas processor yang cukup mumpuni untuk melancarkan laptop dan hobi anda menjadi lebih lancar dan optimal.

RAM ( random Acces Memory ) adalah salah satu hardware yang berpengaruh pada laptop karena sangat membantu proses multi tasking dan juga mendesain.

Jika anda memiliki laptop berkecepatan 32Bit maka gunakanlah RAM berkapasitas 2GB, dan jka berkecepatan 64Bit maka pilih RAM berkapasitas 4GB

Selain itu, pilihlahRAM versi DDR3 karena lebih baik dari pada versi DDR2 dan usahakan untuk memilih laptop yang RAMnya dapat di upgrade. Agar laptop yang anda gunakan dapat memberikan pengalaman optimal dalam bekerja.

  1. Suhu pemakaian.

Salah satu penyebab laptop lebih mudah panas adalah membuka aplikasi berat, padahal kita sedang mengunakanya. Lalu bagaiman solusinya? Pilihlah laptop yang memiliki sistem pendingin baik dan bila perlu beri tambahan fan laptop atau biasa di sebut cooler, hal ini di lakukan agar laptop anda akan lebih dingin dan tidak menganggu kinerja laptop saat di gunakan.

  1. Hard disk.

S3bagai laptop grafis, maka pilihlah hard disk yang berkapasitas besar untuk menyimpan file.

Selain itu, carilah laptop yang bisa di pasangi SSD dan HDD. Sehingga OS serta program di pasang atau instal pada SSD dan file kerja di simpan pada HDD.

  1. Perhatikan garansi laptop.

Dalam hal pembelian laptop, maka akan di beri sebuah garansi dari si toko. Hal ini harus di perhatikan, jika terjadi kerusakan atau keluhan pada si laptop, maka anda akan mudah dalam mendapatkan layananya.

Laptop grafis adalah jenis laptop yang di gunakan untuk urusan mendesain, maka pilihlah spersifikasi yang tepat dan dapat di andalkan untuk mengoptimalkan pekerjaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

tags: , , ,

Related For Cara Memilih Laptop Untuk Desain Grafis