Cara Mencopot dan Memasang Ram yang Benar

Thursday, March 19th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Komputer merupakan satu kesatuan unit yang berhubungan satu sama lain sehingga mampu menerjemahkan perintah yang masuk, memproses dan mengeluarkan hasil yang sesuai dengan perintah yang diberikan. Contoh ketika kita ingin menulis atau mengetikan satu karakter huruf misal huruf A, maka kita akan menekan tombol huruf A pada keyboard. Selanjutnya perintah yang kita masukan ke keyboard akan diteruskan ke dalam CPU untuk diproses kemudian hasilnya akan muncul karakter huruf A pada layar atau lembar kerja.

Dari penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa proses perintah terhadap komputer dilakukan di dalam CPU atau Central Processing Unit. Dalam proses pengolahan perintah tersebut, prosesor dibantu dengan RAM untuk mempercepat pemrosesan perintah. Oleh karena itu RAM memiliki peran yang vital dari sebuah komputer.

RAM kerap kali juga mengalami masalah. Beberapa komputer mengeluarkan bunyi saat booting apabila terjadi masalah pada RAM. Ketika terjadi masalah, maka anda harus mencopot RAM untuk memeriksanya dan memasang kembali RAM pada posisi yang tepat. Oleh karena itu anda harus tahu dulu apa itu RAM, jenis dan lokasi RAM di dalam komputer.

  1. Pengertian RAM

Dari uraian di atas, kita sudah dapat menangkap pengertian dari RAM. RAM merupakan ruang memori sementara yang fungsinya untuk membantu proses pemuatan data agar berjalan lebih cepat. Agar lebih mudah dipahami, gambaran dari RAM ini adalah sebuah kotak untuk menyimpan perkakas atau alat yang sering anda gunakan. Karena adanya kotak ini maka anda tidak perlu menggeledah seluruh gudang penyimpanan peralatan anda bisa langsung menuju kotak tersebut sehingga anda lebih cepat dan lebih mudah menemukan alat atau perkakas yang sering anda gunakan.

  1. Jenis RAM

Sebenarnya terdapat beberapa jenis RAM namun secara umum jenis RAM yang paling banyak dipakai komputer saat ini adalah DDR 2 dan DDR 3.

perbedaan DDR2 dan DDR3

perbedaan DDR2 dan DDR3

  1. Lokasi RAM

Lokasi RAM terdapat pada slot RAM yang menancap pada permukaan motherboard.LokasiSlotRAM

Setelah anda mengetahui seluk beluk tentang RAM, kini anda harus tahu cara mencopot dan memasang RAM yang benar. Sebenarnya cara mencopot dan memasang RAM yang benar sangatlah mudah bahkan newbie sekalipun bisa mempraktekanya.

Cara mencopot RAM dengan benar :670px-Install-RAM-Step-7

  1. Buka casing komputer
  2. Lepaskan pengunci RAM dari slotnya dengan hati – hati
  3. Tarik RAM keluar dari slotnya

Cara memasang RAM dengan benar:memasang ram

  1. Perhatikan keynotch RAM, pastikan keynotch RAM masuk tepat pada slot
  2. Masukan RAM pada slot, tekan secara merata pada kedua ujung sisi RAM hingga pengaitnya mengunci RAM
  3. Jika RAM sudah masuk dan terkunci teliti kembali apakah RAM sudah terkunci dan masuk dengan sempurna, jika sudah komputer siap digunakan kembali

Cukup mudah bukan cara mencopot dan memasang RAM yang benar seperti langkah di atas. Cara mencopot dan memasang yang benar bisa membuat komputer bekerja kembali namun bila tidak dilakukan dengan langkah yang benar dapat membuat komputer gagal beroperasi.

Incoming search terms:

  • cara melepas ram
  • cara mencopot ram
  • cara melepas ram pc
  • cara melepas ram komputer
  • cara mencabut RAM
  • cara mencopot ram komputer
  • membongkar ram cpu
  • Memasang Ram
  • letak ram pc
  • letak memori pada cpu komputer
tags: , ,

Related For Cara Mencopot dan Memasang Ram yang Benar