Cara Mengatasi Mata Lelah karena Terlalu Lama Mengoperasikan Komputer

Thursday, February 26th 2015. | Internet
Sponsored Links

    Istirahat Yang Cukupgadget

Selain Mata kita cepat rusak atau sakit, saat mengoperasikan komputer dengan jangka waktu yang lumayan lama dan tidak diimbangi dengan sedikit istirahat dapat juga mengakibatkan kepala kita menjadi pusing, lebih-lebih jika kita mengoperasikan komputer sampai lupa dengan kewajiban beribadah dan lupa akan makan dan minum. Sangatlah penting untuk beristirahat saat kita sudah merasa lelah atau merasa pegal di seluruh badan kita, jadi hilangkan rasa ingin mengoperasikan komputer sejak pagi sampai larut malam dengan tidak disertai istirahat sejenak, sebab hal seperti itu sangat berbahaya untuk kesehatan seluruh tubuh kita, yang paling utama untuk kesehatan mata kita dalam mengalami kontak langsung terhadap layar monitor.

Pada saat kita beristirahat, kita juga harus menghindari kegiatan yang juga menyebabkan kesehatan pada mata kita berkurang yaitu bermain tablet atau gadget dengan posisi mata dekat dengan layar tablet atau gadget, karena itu sama saja bohong. Kita sama saja melihat cahaya yang dipancarkan oleh layar tablet atau gadget itu dengan pancaran yang sangat tajam dan radiasi bagi tubuh kita.

Semua hal untuk selalu menjaga kesehatan dan agar nantinya badan beserta mata kita dapat fresh kembali bisa kita lakukan dengan cara, seperti berjalan-jalan di sekitar rumah secukupnya, merebahkan tubuh, bersantai di teras rumah sambil menghirup udara segar, atau kegiatan atau aktifitas ringan yang lainnya.

Mengatur Cahaya pada Komputer1meter

Memang Cahaya yang ada di luar rumah lalu memancar ke dalam itu lebih sehat atau lebih baik daripada Cahaya yang ada di layar monitor komputer kita, cahaya monitor juga mengandung radiasi pada tubuh kita, maka dari itu kita supaya mengatur pencahayaan pada layar monitor atau biasanya disebut dengan level brightness dengan cahaya yang tidak terlau terang, tetapi dengan tingkatan cahaya pada layar monitor yang nyaman dioperasikan, seperti membaca dan menulis . Hal seperti itu kedepannya dapat berpengaruh yang baik untuk kontraksi mata kita, dan mata kita tidak mudah lelah saat mengiperasikan komputer.

Sebagai tambahan untuk kesehatan tubuh, kita setiap pagi supaya membuka tirai pada jendela kamar sehingga cahaya dari luar dapat masuk ke dalam ruangan rumah.

Dengan Obat Tetes Matatetes mata

Saat kita mengoperasikan Pesonal Computer sampai berjam-jam maka akan mengakibatkan kering pada mata kita, maka dari itu kita dianjurkan untuk selalu menggunakan Obat tetes mata, karena obat itu sangat berguna untuk menjaga agar mata kita tetap segar dan tidak terjadi kekeringan, selain itu juga dapat membuat mata kita menjadi lembab ketika mengoperasikan komputer. Kita juga harus mengikuti anjuran dokter setidaknya jangan berlebihan untuk pemakaian obat tetes mata, dengan menggunakannya secara berlebihan malah membuat mata kita menjadi rusak. Untuk itu, sebelum memakai baca aturan pemakaian pada produk tetes mata yang kita gunakan.

Mengatur Jarak Pandang pada Layar komputer1,5 meter

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa layar monitor akan memancarkan cahaya, yang apabila kamu memandang pada layar komputer dalam jangka waktu yang lama, akan terjadi akibat yang buruk yaitu mata menjadi sakit, maka HINDARI memandang layar komputer dengan jarak kurang dari 1 meter, lebih baik lagi berjarak 1,5 meter, atau lebih.

Kendorkan Otot Mata

Setelah lammataa memandang atau melototi layar komputer berjam-jam menyebabkan mata kita menjadi lelah, mengatasi seperti itu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mengendorkan mata kita, caranya dengan menggosok kedua telapak tangan kita sampai telapak tangan kita terasa panas, kemudian tempelkan pada kedua mata, dengan itu mata kita dapat terasa rileks.

Sering Berkedip

Dengan keseriusan dalam mengoperasikan komputer, maka kita lupa untuk berkedip. Ini merupakan hal yang simple tetapi sangat bermanfaat bagi mata kita. Mata dapat menjadi segar dan fokus.

Guanakan Monitor LCD/LED

Karena sangat ramah terhadap mata, jadi disarankan dan cukup baik adalah menggunakan monitor yang berbentuk LCD/LED, dimana jangan terlalu rendah dan terlalu tinggi pada penempatannya.

Konsumsi Sayuran

Langkah yang baik untuk kesehatan badan, yang paling utama mata adalah dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A.

 

tags: , ,

Related For Cara Mengatasi Mata Lelah karena Terlalu Lama Mengoperasikan Komputer