Cara Mengatasi Pegal Saat di Depan Komputer

Monday, April 18th 2016. | Internet
Sponsored Links

Salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan ini saya akan posting beberapa tips untuk mengatasi pegal-pegal saat kita di depan komputer. Saat kita berada di depan komputer terkadang membuat kita lupa dengan waktu, karena terlalu asyik sampai-sampai kebablasan. Oleh karena itu, tidak jarang badan kita menjadi pegal-pegal. Pegal-pegal setelah berlama-lama di depan komputer tidak bisa diacuhkan begitu saja, karena jika diabaikan dapat mengakibatkan penyakit serius.

Ketika kita terlalu lama di depan komputer dengan posisi yang tidak tepat akan membuat kita menjadi cepat lelah, nyeri dan pegal pada tangan, punggung, tengkuk, bahkan kaki. Terlalu lama membungkuk bahkan bisa mengakibatkan gangguan pada postur tubuh, jari-jari tangan juga bisa menjadi kaku. Nah, untuk menghinari hal-hal tersebut ada beberapa tips untuk mengatasi pegal-pegal saat berada di depan komputer :

  1. Duduk dengan rileks dan santai, serta jengan terlalu kaku.
  2. Bila terasa pegal di tangan, Beristirahatlah, jangan memaksakan diri. Tekan telapak tangan kelunjur
    atas meja, lalu gerakkan tubuh bagian atas ke arah belakang untuk meregangkan otot-otot tangan, lalu tahan selama beberapa detik.
  3. Pegal di tengkuk bisa terjadi bila posisi monitor tidak sejajar dengan mata. Atur posisi monitor sedemikian rupa sehingga kita tidak perlu menunduk atau menengadah bila berhadapan dengan monitor.
  4. Pegal di punggung dapat terjadi bila kursi yang digunakan tidak ergonomis, lurussehingga tulang punggung harus menyesuaikan dengan kursi. Duduklah dengan posisi tegak, kaki membentuk sudut 90 derajat agar punggung tidak mengalami ketegangan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Kaki kesemutan dapat terjadi bila aliran darah ke kaki terhambat. Karena itu, jangan menyilangkan kaki bila sedang bekerja di depan komputer/laptop. Posisi kaki selonjor adalah yang paling baik. Gerakkan kaki secara berulang-ulang untuk merenggangkan pergelangan kaki agar lebih rileks .
  6. Beristirahatlah sejenak bila anda sudah mulai merasa lelah atau pegal-pegal dengan berjalan-jalan menghirup udara segar.
  7. Banyak minum air putih dan Minum Neurobion tablet putih jika diperlukan.

Nah, itu dia beberapa tips untuk mengatasi pegal-pegal saat berada di depan komputer, mudah-mudahan dengan adanya informasi dari artikel ini dapat membuat Sobat sekalian lebih terjaga kesehatannya, lebih berhati-hati dalam mengoperasikan komputer/laptop, biar bagaimana pun kesehatan adalah aset yang sangat berharga dan wajib disyukuri. Terimakasih atas kunjungannya, mohon maaf atas segala kekurangannya.

tags: , ,

Related For Cara Mengatasi Pegal Saat di Depan Komputer